Aplikasi CAS Polres, Berbasis Android Menjadi Inspirasi Polisi Modern

Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro

KANALINDONESIA.COM :Polres Bojonegoro luncurkan aplikasi berbasis android, Crime Alarm System (CAS) yang diciptakan oleh Polres Bojonegoro sebagai Polisi modern. Bahkan aplikasi CAS saat ini telah diadopsi oleh beberapa Polres di Indonesia.

Aplikasi CAS menjadi inspirasi bagi polres beserta jajarannya. Sebab, pasca dilaunching oleh Kapolri di Pasuruan beberapa waktu lalu, beberapa Polres lain langsung mengadopsi aplikasi tersebut. Program Promoter yaitu polisi Profesional, Modern dan Terpercaya yang digalakkan oleh Kapolri Jenderal Polisi M. Tito Karnavian langsung diimplementasikan oleh Polres di daerah. Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro menuturkan seputar aplikasi CAS.

“Aplikasi berbasis android ini telah diaplikasikan oleh Polres Cimahi Polda Jabar dari CAS berubah nama menjadi TRUST dan Polres Minahasa Selatan juga akan meluncurkan CAS menjadi AREA. Kemudian disusul oleh Polres Lampung Selatan Polda Lampung yang masih dalam proses pengerjaan logo disesuaikan dengan ciri khas Kabupaten Lampung Selatan”, ungkap Wahyu.

Baca:  Kasus Baru Positif COVID-19 Hasil Tracing Secara Masif

Kapolres memaparkan pihaknya bangga dengan hasil karya Polisi tak peduli, apapun namanya namun pihaknya tetap bangga. Sebab, program aplikasi CAS Bojonegoro dapat bermanfaat bagi masyarakat luas tidak hanya di wilayah Bojonegoro, tapi bisa diterapkan di seluruh Polres-Polres lain serta di Polda seluruh Indonesia. Saat ini Kepolisian RI benar-benar berkeinginan menjadi Polisi yang modern dan dipercaya oleh masyarakat. Salah satunya memberikan aplikasi yang bisa diunduh masyarakat dengan smart phone, sehingga upaya penanganan kriminalitas menjadi cepat tertangani oleh Polisi.

“Cukup hanya melalui aplikasi berbasis android ini masyarakat bisa langsung melaporkan jika terjadi tindak kriminal maupun gangguan kamtibmas yang terjadi disekitarnya dan Polisi akan segera hadir di TKP karena aplikasi ini langsung terkoneksi dengan HP para anggota masing-masing,” Pungkasnya.(reg/elo)

Baca:  Bank Sampah BSRG