Pemkab Jombang, Bagikan Paket Sembako untuk Abang Becak

Ribuan tukang becak mengambil bantuan beras dan uang dari Pemkab Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM:  :Jelang perayaan hari raya idul fitri, pemerintah kabupaten (Pemkab) Jombang, membagikan paket sembako dan uang tunai untuk ribuan abang becak, Kamis (7/7/2018).

Sambil membawa becaknya ribuan abang becak tersebut menerima bantuan berupa beras seberat lima kilogram dan uang tunai 50 ribu rupiah.

Agenda seperti ini, merupakan tradisi tahunan yang dilakukan oleh Pemkab Jombang.

Hal ini diungkapkan oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Jombang, Setiajit bahwa, kegiatan itu adalah murni pemberian bantuan yang dilakukan oleh Pemkab Jombang dan tidak terkait dengan agenda politik tertentu.

“Empat ribu lebih orang itu, setiap tahun mesti kita berikan dan dapat seperti ini. Jadi ‘ndak’ ada kaitannya dengan acara politik-politik yang lain,” ujar Setiajit kepada sejumlah jurnalis, usai membagikan ribuan paket sembako pada abang becak di halaman belakang pemkab Jombang.

Pemerintah Kabupaten Jombang, lanjut Setiajit, setiap tahunnya memang membantu meringankan para abang becak, serta masyakarat kurang mampu lainnya, di antaranya seperti pasukan kuning, pemulung, dan para juru parkir.

“Agar nanti dalam hari lebaran itu, mereka setidak-tidaknya sama dengan yang lain, bisa melaksanakan lebaran. ‘Ndak’ banyak yang diberikan, tetapi ini mungkin bisa menjadi sangat berarti jika ini dimanfaatkan mereka,” ungkap Setiajit.

Sementara itu salah satu abang becak bernama Gunawan (56), asal Dusun Pulo Gentengan, Desa Pulo, Jombang mengaku senang akan adanya bantuan dari Pemkab tersebut. Ia bahkan berharap, tahun-tahun mendatang tetap ada bantuan seperti itu kepadanya dan teman-temannya yang berprofesi sebagai tukang becak.

“Saya antri dari jam setengah tujuh pagi. Bahagia sekali, bisa untuk belanja dan keperluan rumah tangga,” papar Gunawan.

Hal senada juga diungkapkan oleh dengan abang becak asal Desa Tampingmojo, Kecamatan Tembelang, Jombang, Bunamin (79), pada jurnalis media ini, pihaknya mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemkab Jombang yang memberikan bantuan kepadanya.

“Alahmdulillah, matur nuwun (red : terima kasih), bisa untuk lebaran,” pungkasnya.(elo)