Bawaslu Trenggalek Janji Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Kampanye Ipul-Puti

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Trenggalek, H  Agus Trianta mengatakan, atas dasar laporan Tim Pemenangan Khofifah – Emil Dardak, Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur pada proses Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 tentang  dugaan pelanggaran yang dilakukan pasangan Cagub- Cawagub Ipul-Puti di event pemecahan Rekor MURI ribuan Rampak Barong, dilaksanakan di Stadion Menak Sopal Kelutan Trenggalek,  dengan tegas akan memproses sesuai udang-undang pemilu yang berlaku.

“Dari penyampaian pengaduan tersebut kita minta melengkapi laporan tersebut secara formil dan materiil, selanjutnya diregister untuk ditindak lanjuti pelaporan tersebut,” ucapnya, Kamis, (7/6/2018).

Karena kemarin sifatnya masih penyampaian pengaduan dan sekarang sudah teregistrasi di pihaknya.

“Masih kita register laporan itu dan tentunya dengan penelitian yang kita lakukan ada form yang harus dilengkapi,” terangnya.

Terkait saksi, pihaknya sudah disampaikan surat undangan kepada pelapor untuk menghadirkan saksi untuk dimintai keterangannya.

‘Hari ini kita layangkan surat pemanggilan pelapor untuk dimintai keterangan pada besok, Jum’at, (8/6/2018),” imbuhnya.

Selain itu, masih kata H Agus, pelaporan dalam kasus Pilgub Jatim sampai sekarang masih satu kali saja. Namun untuk temuan , pihaknya telah beberapa sudah mengantongi temuan yang beberapa pelanggaran dilakukan kedua pasangan calon itu.

“Hastag pak Wabup telah kita temukan menjadi pelanggaran di awal-awal masa kampanye dan beberapa kampaye yang dilaksanakan kedua pasang calon yang diduga melanggar,” tuturnya.

Terlebih masih kata H Agus,  laporan tersebut akan dilihat dulu proses yang berjalan lalu bagaimana nanti fakta lapangan yang terjadi, serta hasil proses yang lainnya.

“Jadi kita belum bisa memastikan prosesnya seperti apa,’’pungkasnya (sup/ham)