Kasat Lantas Polres Jombang :Tiga Titik Macet di Jombang saat Mudik

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Jelang persiapan arus mudik pada lebaran tahun ini, Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Jombang Jawa Timur mencatat ada tiga titik jalur rawan macet di wilayah Jombang, yang perlu diperhatikan oleh calon pemudik pada musim lebaran kali ini. Ketiga titik tersebut yakni di Kecamatan Mojoagung, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, serta Kecamatan Ploso.

“Jadi titik kerawanan ada dua yakni troubel spot dan black spot, untuk trobel spot kami bagi berdasarkan analisa ada tiga titik yakni di Mojoagung, di Ploso dan di Bandar yang berada di jembatan kayen hingga mengkreng atau braan. Dan untuk titik laka yabg rawan ada di simpang CJ Fid Mojoagung, jalan Soekarno Hatta Keplaksari dan di Jati Pelem,” kata Kasat lantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana saat dtemui sejumlah jurnalis, Jumat (8/6/2018).

Masih menurut penjelasan Inggal, untuk mengatasi hal tersebut, kita dirikan pos pam, pos pantau, hal ini diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan.”Kita dirikan pos pam dan pos pantau, dengan banyaknya anggota yang kita sebar di jalan diharapkan bisa untuk mengurangi tingginya angka kecelakaan dan fatalitas korban itu sendiri,” papar Inggal.

Saat ditanya puncak arus mudik di Jombang, Inggal menjelaskan bahwa arus mudik akan terjadi pada saat hari raya dan satu hari setelah perayaan hari raya idul fitri.

“Puncak arus mudik di Jombang, diprediksi terjadi pada hari H dan H+1, yang mana itu gelontoran dari surabaya ke arah barat ke Nganjuk, Kediri, Madiun dan lain sebagainya,” ungkap Inggal.

Untuk mengurai kemacetan akibat kepadatan, lanjut Inggal, pihaknya akan menggunakan jalur fungsional dan jalur alternatif. Dan untuk mengurai kemacetan di Kecamatan Mojoagung, akan memanfaatkan Ring Road Mojoagung.

“Pola-pola pengalihan arus seperti buka tutup jalur, pemberlakuan contraflow serta kanalisasi lajur akan kita lakukan untuk menghindari kepadatan arus di tiga titik rawan kemacetan yang ada di Kabupaten Jombang, dan yang paling penting ada pengalihan ini untuk mengurangi masuknya kendaraan ke arah Bandar” tegasnya.

Imbuh Inggal, sedangkan pada jalur tol fungsional di atas Jembatan Kali Konto, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, Jawa Timur, hanya diberlakukan pada siang hari saat arus mudik-balik Lebaran 2018. Karena minimnya penerangan di kawasan tersebut.

“Jalur tersebut akan difungsikan ada pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB,” terang Inggal.

Selain melakukan rekayasa arus mudik, Satlantas Polres Jombang juga menghimbau pemudik agar memanfaatkan fasilitas dan aplikasi yang ada digawainya untuk mencari jalur alternatif.

“Banyak aplikasi di smartphone untuk mencari jalur alternatif Misalnya menggunakan Google Maps saat perjalanan mudik lebaran 2018,” tukasnya.(elo)