H-5 Lebaran, Jalur Tol Fungsional Belum Bisa Digunakan

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Memasuki arus mudik lebaran ruas jalur tol fungsional Solo-Kertosono (Soker) hingga hari ini, masih belum digunakan dan para pemudik masih menggunakan jembatan bailey.

Hal ini dikarenakan jembatan yang melintas diatas sungai avur besuk yang berada di tol Soker masih belum bisa dilalui hingga hari ini.

Jembatan avur besuk yang berada di ruas tol Soker di Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang sebelumnya ditargetkan oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo akan bisa dilalui pada 8 Juni 2018. Target penyelesaian pada waktu yang dimaksud Soekarwo itu, diutarakan Soekarwo pada kunjungan kerjanya di tol Soker pada, Rabu (6/6) kemarin.

“Jumat tanggal 8 besok sudah selesai. Usai pemasangan 5 girder, selanjutnya pihak pelaksana proyek melakukan pemasangan plat beton dan secepatnya jalur tol yang masih terpisah karena melintas di atas Sungai Avur Besuk tersebut bisa dilalui,” ujar Gubernur Jatim, waktu itu.

Target di tanggal 8 Juni 2018 untuk jembatan avur besuk bisa dilalui nyatanya gagal terlaksana. Hal tersebut diketahui saat kunjungan Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin di ruas jalan fungsional tol Soker di Bandarkedungmulyo, Sabtu (9/6/2018).

Kapolda Jatim dalam kunjungannya menyampaikan, bahwa jembatan avur besuk masih belum bisa difungsionalkan karena masih menunggu kematangan pada pengerasan beton jembatan.

“Mudah-mudahan besok jembatan avur besuk sudah bisa difungsionalkan, karena tinggal menunggu kematangan dari pengerasan jembatan,” ungkap Kapolda Jatim saat ditemui sejumlah jurnalis.

Meski jembatan avur besuk belum bisa difungsionalkan, tapi ruas jalan fungsional tol Soker di Bandarkedungmulyo sudah mulai dibuka dan sudah terlihat beberapa kendaraan roda empat yang melintasi ruas jalan memanfaatkan jembatan bailey di sungai avur besuk.

Ruas jalan fungsional tol Soker sepanjang 83 kilometer ini hanya bisa dilalui hingga pukul 17.00 WIB. Sedangkan untuk jalan fungsional mulai dari Solo hingga Ngawi bisa dilalui 24 jam. “Dari Solo-Ngawi bisa dilalui 24 jam, karena infrastrukturnya sudah lengkap,” tegas Kapolda.

Lanjut Kapolda Jatim, bahwa sudah tercatat ada 4 ribu kendaraan di hari pertama arus mudik. “Kemarin dari jalan tol yang ada di ngawi tadi 4.000,” pungkasnya.(elo)