MWC NU Kalitengah Bantu Bangun Rumah Warga Yang Roboh Lewat NU Care-Lazisnu

Pengurus MWC NU Kalitengah beserta Banomnya ketika serahkan bantuan pada warga yang rumahnya roboh. Foto:omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; NU Care-LAZISNU bersama MWC NU Kalitengah, Muslimat, GP Ansor, Fatayat,  Pagar Nusa, IPNU dan IPPNU Kecamatan Kalitengah memberikan bantuan kepada masyarakat dengan cara ikut serta membangun kembali rumah hunian milik Mafulah (40) warga Dusun Waru Desa Bojoasri Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur yang roboh karena lapuk dimakan usia.

Kondisi rumah yang dihuni  oleh perempuan yang pekerjaan sehari-harinya sebagai buruh jahit songkok ini memang sudah rusak parah cukup lama dan seminggu yang lalu atapnya tiba-tiba roboh.

“Setelah kami melihat langsung kondisi rumah kemudian kami melakukan koordinasi dengan pengurus MWC guna membantu untuk membangun kembali rumah Ibu Mafulah tersebut,” kata Ahmad Murokib ketua Lazisnu Kalitengah.

Setelah mendapatkan respon dari MWC NU Kalitengah selanjutnya Pengurus Lazisnu berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Bojoasri karena rumah yang akan dibantu adalah berada di desa tersebut.

Pembangunan rumah milik Mafulah  diperkirakan menelan biaya 20 Juta rupiah tersebut akan dibiayai dari sumbangan masyarakat termasuk dari Pemerintah Desa Bojoasri dan LAZISNU Kalitengah.

“LAZISNU Kalitengah ikut serta membantu dengan nominal 5 Juta Rupiah untuk membangun kembali rumah ibu Mafulah melalui dana GISNU dari LAZISNU Kalitengah, anggaran sebenarnya mencapai 20.000.000 yang diperoleh dari berbagai pihak termasuk Pemerintah Desa Bojoasri” terang Murokib.

Sementara itu, Kepala Desa Bojoasri, H. Akhsanuddin, mengatakan pembangunan rumah Masfulah dimulai Hari Sabtu (5/6/2018) dengan pembongkaran bagian rumah lama yang sudah rusak berat. Kedatangan rombongan MWC dan LAZISNU serta Banom MWC NU Kalitengah sepertinya membawa semangat untuk bisa giat dalam membantu masyarakat.

“Saya sangat bangga dengan perhatian warga NU di Kalitengah yang memiliki rasa sosial tinggi dengan dibuktikan dalam kegiatan ini, ” ujar Akhsanuddin.

Program LAZISNU Kalitengah yang berupa pengumpulan koin dari warga NU Kalitengah berjalan dengan lancar, dengan gerakan Rp.500 tiap rumah yang dimasukkan kotak dan kemudian diambil tiap bulan.

“Alhamdulillah selain kita mengadakan bantuan untuk membangun rumah, kami bisa memberikan donasi untuk 250 yatim se Kalitengah kemudian 200 bingkisan untuk fakir se Kecamatan Kalitengah, kedepan program kami di bidang pendidikan dan kesehatan juga akan segera kami laksanakan,” kata Murokib

Hadir pula dalam penyerahan bantuan tersebut, Moh Hamim dan Afifudin Moesa (Wakil Ketua MWC NU Kalitengah) beserta pengurus Banom NU yang lain. Dalam kesempatan itu Afifudin Moesa mengapresiasi program NU Care-LAZISNU untuk membantu warga ini Menurutnya, kepedulian terhadap warga yang terkena bencana dan duafa menunjukkan tingkat keimanan seseorang.

“LAZISNU, dan seluruh Banom NU  tidak boleh berhenti sampai di sini. Kalau ada pengajuan dari warga, harus dibantu, walau pun tidak memenuhi seluruh kebutuhan, yang terpenting bukan jumlahnya tapi kepeduliannya,”pungkasnya (omdik/fer)