vaksinansi bagi anak usia 12- 17 tahun
vaksinansi bagi anak usia 12- 17 tahun

TANJUNGPINANG, KANALINDONESIA.COM : Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat di wilayah Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau. Serbuan Vaksinasi kali ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Jln. Ir. H. Juanda No. 03 Kel. Bukit Bestari Kec. Tanjungpinang Timur Kota Tanjungpinang Kepri, dengan target 600 orang peserta yang diprioritaskan bagi pelajar usia 12 – 17 tahun SMPN 5 Tanjungpinang. Baru baru ini.

Dalam kegiatan serbuan vaksinasi ini ditinjau langsung oleh Kepala Rumah Sakit TNI AL dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Tanto Budiharto, Sp.JP.,M.A.R.S dengan didampingi oleh Kapokli RSAL dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Imam Hidayat, Sp.S.,FINA, Kadep Kitlam RSAL dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Arif Supono, Sp.B.,Onk (K) dan Kabag Humas RSAL dr. Midiyato Suratani Mayor Laut (K) drg. Ari Onasis, Sp.Pros. Kedatangan peninjauan diterima oleh Kepsek SMPN 5 Tanjungpinang Yulismar, S.Pd.,M.M, Pembina Tk.I IV/b beserta para tenaga pendidik SMPN 5, dihadiri oleh Staf dari Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang a.n. Zulvianingsih, MM selaku Kasi Kelembagaan dan Sarpas SMP, dan 2 (dua) orang Staf PSMP dengan masing-masing Syamsuardin, A.Md dan Nurul Aini.

Serbuan Vaksinasi yang dilaksanakan di SMPN 5 Tanjungpinang tersebut, RSAL dr. Midiyato Suratani menurunkan tenaga vaksinator dan pendukung sebanyak 10 orang personil. Dalam kesempatan tersebut, Ibu Yuslimar, S.Pd.,M.M selaku Kepsek SMPN 5 Tanjungpinang memperkenalkan Kolonel Laut (K) dr. Tanto Budiharto, Sp.JP.,M.A.R.S selaku Karumkital dr. Midiyato Suratani kepada para peserta anak didik yang mengikuti kegiatan serbuan vaksin.

Dilanjutkan pengarahan kepada para peserta, Kolonel Laut (K) dr. Tanto Budiharto, Sp.JP.,M.A.R.S selaku Karumkital dr. Midiyato Suratani menjelaskan,  bahwasannya vaksinasi yang diberikan adalah merupakan langkah preventif, vaksinasi bukanlah satu-satunya sarana pemutus mata rantai penularan Covid-19, namun untuk meningkatkan daya tahan tubuh, efektivitas dari imun hanya 65 persen, sehingga ditekankan kepada anak didik di SMPN 5 tersebut, meskipun sudah divaksin, agar tetap disiplin protokol kesehatan, gunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

“Serbuan vaksinasi bagi pelajar usia 12 – 17 tahun yang diadakan di SMPN 5 Tanjungpinang bisa dijadikan contoh bagi lembaga pendidikan lainnya, mengingat meskipun para peserta vaksin kali ini dari anak-anak namun mereka dengan difasilitasi oleh pihak dari sekolah bisa menerapkan disiplin tertib social distancing. Berharap kepada para peserta anak didik agar tidak takut mengikuti vaksin, agar mereka bisa dapat kembali melakukan bersosialisasi mengikuti kegiatan proses belajar dan mengajar secara tatap muka,”katanya.

Selesai memberikan pengarahan, kemudian Karumkital dr. Midiyato Suratani beserta rombongan dengan didampingi Ibu Kepala Sekolah dan para staf dari Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang melaksanakan peninjauan secara bersama-sama terhadap proses jalannya vaksinasi dari para peserta dimulai dari registrasi, screening, penyuntikan vaksin dan observasi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dari kegiatan serbuan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh RSAL dr. Midiyato Suratani tersebut, merupakan salah satu strategi jitu yang ditunjukkan oleh pihak terkait dalam membantu upaya memutus rantai penularan penyebaran virus Covid-19 di masa pandemi yang saat ini masih mewabah melalui beragam upaya.

Melalui kegiatan yang diselenggarakan bekerja sama dengan pihak sekolah. RSAL dr. Midiyato Suratani menunjukkan sikap sinergitasnya, pihak RSAL juga mengatur berbagai strategi demi memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 di wilayah setempat Kepulauan Riau. Strategi pertama  adalah vaksinasi harian yang dilaksanakan di Posko Covid RSAL dr. Midiyato Suratani yang dilaksanakan setiap pada hari Selasa – Jumat dari pukul 08.00 sampai selesai.

Strategi  kedua dengan cara mobile seperti yang dilakukan saat ini di SMPN 5 Tanjungpinang dan pelaksanaan serbuan vaksinasi di berbagai tempat yang sudah dilaksanakan selama ini. Kedua strategi tersebut diberlangsungkan demi untuk mendukung program vaksinasi pemerintah pusat dalam mempercepat agar warga masyarakat dapat segera tervaksinasi guna membentuk herd immunity.

Kegiatan peninjauan pelaksanaan vaksinasi selesai, diakhiri dengan foto bersama. Selama kegiatan berlangsung tidak ada laporan KIPI. Pelaksanaan berjalan lancar dan aman.@Wn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here