Kehujanan, Surat Suara Pilgub di Jombang Rusak

Ketua KPU Jombang, Muhaimin Shofi, saat ditemui sejumlah jurnalis di kantor KPU Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Hujan yang turun di wilayah Kabupaten Jombang, membuat sejumlah surat suara yang disimpan di tempat penyimpanan surat suara yang ada di Kecamatan Gudo, Jombang, rusak. Alhasil, beberapa surat suara untuk pemilihan gubernur (Pilgub), harus diganti.

Hal ini dikarenakan atap kantor kecamatan yang dijadikan tempat menyimpan surat suara untuk pelaksanaan pilgub rusak.

“Memang di Gudo ada kerusakan surat suara. Hanya surat suara pilgub. Kata PPK ada bocor diatas atap itu, kebocoran sedikit, tapi akhirnya sudah diatasi dengan dikasi terpal,” ujar ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang, Muhaimin Shofi, saat ditemui sejumlah jurnalis, Selasa (26/6/2018).

Baca:  Bupati Ipong Canangkan Sholat Subuh Berjamaah Untuk Pejabat Ponorogo

Saat ditanya berapa jumlah surat suara pilgub yang rusak, Muhaimin mengatakan bahwa akibat, kebocoran atap di tempat penyimpanan tersebut, hanya beberapa surat suara yang rusak, dan hal itu langsung bisa diatasi sehingga tidak mengganggu jalannya pemungutan suara yang akan dilangsungkan besok.

“Jumlahnya Alhamdulillah tidak banyak, bisa teratasi hanya sembilan biji surat suara. Dan Alhamdulillah masih ada sisa surat suara yang setelah dihitung oleh PPK mau dimasukkan kotak itu ada sisa sehingga bisa mencukupi,”papar Muhaimin.

Ditanya lebih lanjut, tentang surat suara pilgub yang rusak tersebut, milik atau jatah untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) mana, Muhaimin, mengaku belum tahu.
“Saya, tidak melihat TPS mana yang jelas pada saat di kotak itu langsung kita ganti,” tegas Muhaimin.

Baca:  Konsul Kehormatan RI di Ibukota Albania Baru Diresmikan

Ketika ditanya mengenai adakah surat suara lain yang rusak karena hujan yang menerpa Kabupaten Jombang, akhir-akhir ini, pihaknya mengaku, setelah dilakukan pengecekan, seluruh surat suara dipastikan aman dan tidak ada yang rusak.

“Yang kita periksa waktu itu kata PPK dan Panwascam Gudo hanya saat itu yang kena air, dan kayaknya sudah tahu semuanya dan bisa ditindaklanjuti,” pungkas Muhaimin.
Perlu diketahui, bahwa hari ini, KPU Jombang, menjadwalkan pemusnahan surat suara pilgub yang rusak. Dan sesuai rencana pemusnahan dilakukan di tempat kantor KPU Jombang.(elo)