Cek Kesiapan Coblosan, Plt Sekda Trenggalek Kunjungi Empat TPS

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Sehari menjelang pelaksanaan Pilkada 2018, Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Kusprigianto , didampingi Asisten Pemerintahan, Waka Polres serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri setempat dan PN Trenggalek meninjau empat lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sedianya akan menjadi tempat berlangsungnya pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim 2018.

Bergerak dari Paringgitan Pendopo Manggala Praja Nugraha milik Pemkab Trenggalek, Plt Sekda mengaku mewakili Bupati ataupun Wakil Bupati Trenggalek yang tidak meninjau secara langsung dengan alasan menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada kali ini. Maklum kandidat calon wakil gubernur Jatim salah satunya adalah Bupati Trenggalek yakni Emil Elestianto Dardak yang maju menjadi cawagubnya Khofifah Indar Parawansa.

Baca:  Bupati Emil Dardak : Pancasila Terus Hidup sebagai Akar Falsafah Bangsa

“ Kita menghormati beliau berdua, maka kita wakili dalam kegiatan pengecekan kesiapan pelaksanaan coblosan di TPS agar masyarakat tahu jika beliau sangat menjaga netralitas di pilkada ini,” terang Kusprigianto, Selasa, (26/6/2018).

Dari empat titik salah satunya yang dikunjungi, di pendopo rumah milik Dwiyani , mantan Kepala Desa Gondang Kecamatan Tugu di TPS 6. Sejenak rombongan Plt Sekda yang disambut panitia serta sesekali menengok bilik suara yang tersedia.

“Kita cek perngakatnya serta personilnya sampai pihak keamanannya,” tuturnya.

Diakui Kuspri, pengecekan TPS tersebut untuk mengetahui kesiapan pelaksanaan dalam rangka mengetahui kesiapan penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara Pilgub Jatim 2018.

“Waktu persiapan pencoblosan waktunya tinggal hari ini, diharapkan kesiapan penyelenggara termasuk kesiapan lokasi yang digunakan sebagai tempat pemungutan suara harus benar-benar sudah siap,” terang pria yang juga menjabt sebagai Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kepada awak media.

Baca:  Advokad Erma Laporkan Beberapa Akun dari Media Sosial

Selanjutnya saat bertandang di lokasi TPS 1 Desa Kedungsigit Kecamatan Karangan, rombongan disambut dengan sajian musik elekton yang ditampilkan anak berkebutuhan khusus.

Selain itu Plt Sekda mengungkapkan, pelaksanaan Pilkada kali ini harus benar-benar terpantau, sehingga pelaksanaanya bisa berjalan dengan sukses aman dan lancar.

“Untuk Satlinmas pahami dan pelajari secara seksama, prosedur tetap atau protap pengamanan TPS serta senantiasa berkoordinasi secara intensif dengan jajaran TNI dan Polri yang bertugas di lapangan,”tandasnya.

Di titik ketiga, rombongan mengunjungi TPS 6 di Desa/ Kecamatan Gandusari , dimana jumlah warga yang akan mencoblos di TPS tersebut mencapai 521 orang. Untuk itu Kusprigianto berharap keamanan di TPS tersebut agar benar-benar disiapkan demi kelancaran berlangsungnya coblosan.

Baca:  Buron Kasus Pencurian Cengkeh Trenggalek Ditangkap

“Tolong jangan sampai lengah, khusus camat disipakan betul baik mental bagi para linmasnya,” harapnya.

Terakhir, Plt Sekda Kusprigianto menyambangi TPS 2 di Desa Ngetal Kecamatan Pogalan yang berlokasi di jalan raya Tulungaung – Trenggalek KM 9. Lokasi yang persis di jalan raya itu dinilai Kuspri perlu kewaspadaan tinggi mengingat berada pada jalar utama.

“ Camat Puguh agar jangan sampai lengah guna menyukseskan coblosan ini,” pungkasnya. (ham)