Ramadan dan Manusia Baru (2)

Oleh : Subadianto, Ketua Fraksi PAS DPRD Kab. Trenggalek

Sekolah Ramadan ini kembali akan melahirkan manusia-manusia baru yang siap menjadi pahlawan-pahlawan agung, yang keagungannya sesuai dengan keagungan ajarannya. Pahlawan-pahlawan yang batas pandangannya adalah langit, yang batas mimpinya adalah surga, yang semangatnya mengalahkan kelelahannya, yang kecerdasannya mengalahkan tantangannya. Alumni sekolah Ramadan melahirkan kita menjadi pemimpin pemimpin yang jujur, bekerja dengan penuh keyakinan dan kesabaran, memahami realitas zamannya secara mendalam, serta bekerja dengan peta jalan yang jelas.

Sekolah Ramadan ini kembali akan melahirkan manusia-manusia baru yang datang dengan tekad seorang pahlawan untuk mengubah tangis kebangkitan ini menjadi mimpi peradaban yang menggelorakan, menjadi cinta yang mempersaudarakan dan menyatukan langkah, menjadi energi yang melahirkan kerja keras yang tak kenal lelah.

Sekolah Ramadan ini kembali akan melahirkan manusia-manusia baru yang keikhlasannya menyatu dengan kecerdasannya, yang firasatnya menyatu dengan pengetahuannya, yang tekadnya menyatu dengan peta jalannya, yang langkah kakinya sejauh pandangan matanya, yang kerja kerasnya menyatu dengan inovasinya.

Sekolah Ramadan ini kembali akan melahirkan manusia-manusia baru yang dapat menyatukan lidi-lidi yang berserakan menjadi sapu, mengurai kerumitan masalah menjadi kerangka kerja yang terang benderang, yang mengubah organisasi menjadi arus yang mengalirkan energi dan potensi umat kepada muara peradaban.

Sekolah Ramadan ini kembali akan melahirkan manusia-manusia baru yang tercerahkan, yang tahu bagaimana menyatukan antara kesalihan pribadi dan kepemimpinan politik yang tangguh.

Semoga Allah menjadikan kita sebagai manusia-manusia baru itu dan menjadikan kita sebagai sebab kebangkitan dan kejayaan umat ini.