DPRD Trenggalek Dukung Pengembangan Wisata Gua ngerit

TRENGGALEK,  KANALINDONESIA.COM: H Mugiyanto,Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Trenggalek,Jawa Timur menilai kegiatan komunitas Jeep Tunggal Rogo Mandiri yang dilangsungkan di lokasi wisata gua Ngerit Desa Senden Kecamatan Kampak dengan penyelenggara Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sepang Lestari desa setempat akan berimplikasi secara positif dalam pengembangan desa wisata.

“Kegiatan ini positif untuk dilaksanakan dalam pengenalan destinasi wisata yang ada di Trenggalek,” ucapnya, Minggu,(8/7/2018) di Trenggalek.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan ini selain mengenalkan juga menggairahkan minat warga untuk menjaga, menginovasi serta sarana edukasi baginya dalam memahami manfaat dari wisata yang dimilikinya.

“Masyarakat perlu diedukasi dengan kepemilikannya wahana wisata seperti warga lingkungn wisata gua ngerit ini agar mereka tahu manfaatnya,” katanya.

Politisi asal Partai Demokrat ini juga bangga dengan dibukanya wisata offroad yang melengkapi spot wisata di gua ngerit.

“Walaupun skalanya masih kecil namun ini cukup bagi offroader pemula dan itu sangat dibutuhkan masyarakat Trenggalek khususnya,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Kang Obeng ini menjelaskan dengan seringnya digelar event di lokasi ini maka akan tercipta iklim yang postif bagi kemajuan ekonomi warga sekitar.

” Secara lembaga saya menghimbau event ini digelar rutin, agar iklim perputaran ekonomi masyrakat sekitar terjadi kemjuan yang signifikan,” lanjutnya.

Dia berharap,Pemkab Trenggalek agar memperhatikan kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang ada di seluruh wilayah Trenggalek agar capaian kemakmuran segera terwujud.

” Pemkab harus berani ambil langkah membenahi sektor wisata yang kini sedang menggeliat di Trenggalek. Pengelolaan LMDH bisa dikembangkan melibatkan masyarakat secara luas dalam bentuk pokdarwis,”tandasnya.

Mugiyanto berpesan agar seluruh stakeholder untuk bhu membahu memberikan sumbangsih apapun demi kemajuan pariwisata yang ada di Trengalek.

“Ayo kalau ingin maju pariwisata berbasis kearifan lokal kita kembangkan bersama,” pungkasnya.(ham)