Bupati Emil Dardak : Rotasi Jabatan Sebagai Perbaikan Kinerja

TRENGGALEK,  KANALINDONESIA.COM: Dalam perbaikan kinerja sekaligus mengukuhkan assesment Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu di tahun 2017, Bupati Trenggalek, Jawa Timur, melakukan rotasi jabatan pasca seleseinya pengambilan cuti untuk mengikuti kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Jatim 2018.

“Hari ini perbaikan yang paling urgent untuk dilakukan karena harus menjawab secepatnya kepada masyarakat,” ucapnya, Jum’at, (13/7/2018).

Dari pantauan, ada 23 ASN yang resmi dilantik, baik diangkat maupun mendapatkan surat keputusan (SK) menduduki jabatan baru di Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

“ Ada eselon II yang harus kita geser akan kinerja pemerintahan berjalan secara cepat,” katanya.

Diantaranya, Dr Ratna yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Trenggalek, kini resmi menjabat sebagai kadisnya. Sedangkan Drh. Nanang Budiarto yang sebelumnya staff ahli Bupati kini menduduki jabatan sebagai Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek menggantikan pejabat lama, Yudi Sunarko.

Sementara, Kadis Komunikasi dan Informasi (Kominfo) , Catur Budi Prasetyo dipindah untuk memimpin Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemkab Trenggalek.

“ Ini semua juga tidak lepas dari hasil diskusi dengan para pemangku jabatan di lingkup Pemkab Trenggalek termasuk tokoh masyarakat dari hasil catatan kinerja saat ditinggal cuti untuk diperbaiki,” tandasnya.

Emil Elestianto Dardak, menegaskan ada beberapa catatan yang ditemukan saat cuti ternyata ada program yang tidak dilaksanakan oleh pembantunya sehingga program yang menyangkut kepentingan rakyat terancam tidak bisa terwujud.

“Ini kesalahan yang signifikan bagi staf yang jelas implikasinya akan berdampak pada masyarakat yang membutuhkan,” tegasnya.

Disinggung temuan LHP BPK RI tahun anggaran 2017, Bupati yang segera akan dilantik menjadi Wakil Gubernur Jatim periode 2019 – 2024 ini, berharap sesegera mungkin diseleseikan lebih awal agar tidak berlarut-larut.

“Kita ini sudah WTP, maka hal-hal yang menghambat segera kiat seleseikan supaya bisa claen untuk melanjutkan program ke depan,” imbuhnya.

Sementara dari selon III, terdapat muka baru , seperti Heru Dwi Susanto ST yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Industri di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek menduduki jabatan baru sebagai Sekretaris Kecamatan Pule, digantikan pejabat promosi, Pujianto, SE.

Acara penandatangan berita acara, disaksikan langsung oleh PLt Sekda Trenggalek, Kusprigianto, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Pariyo serta Kepala Inspektorat , Bambang Agus Setiadji. (ham)