Blanko e-KTP D Dispendukcapil Jombang, Stok Menipis

Kantor dispendukcapil Jombang

KANALINDONESIA.COM : Stok blanko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jombang semakin menipis. Awal Oktober 2016 ini pelayanan untuk KTP tersebut dipastikan tersendat. Hal itu ditegaskan Kepala Dispendukcapil Jombang, Hadi Purnama.

“Kemungkinan untuk Oktober ini pelayanan e-KTP kembali terganggu. Karena blanko kita sudah menipis,” ungkapnya.

Namun, untuk menyiasati kendala itu, lanjut Hadi, pihaknya akan mengeluarkan surat keterangan  sebagai pengganti sementara e-KTP. Hadi juga memastikan, meski blanko kritis, proses perekaman tetap bisa dilakukan.

“Perekaman tetap kita layani, hanya fisik administrasi kependudukannya saja yang tidak berupa e-KTP, tapi berupa lembar keterangan,” katanya.

Baca:  Panen Demplot PT. Pupuk Kaltim di Desa Ngabar Ponorogo, Peningkatan Hasil 23%

Surat keterangan yang diberikan sebagai ganti e-KTP memiliki fungsi yang sama dengan e-KTP aslinya.

“Intinya fungsi dan kegunaannya sama persis dengan aslinya. Bisa untuk mengurus BPJS dan kebutuhan administrasi kependudukan yang lain,” pungkasnya.

Ia menjelaskan, sebanyak 8.000 blanko yang sebelumnya disediakan sudah habis sejak dua minggu yang lalu. Pihaknya mengaku sempat mengajukan 12.000 blanko pemerintah pusat, sayangnya hanya memperoleh 2.000 blanko.(elo)