Optimalkan Kinerja Jajarannya, Dandim 0806 Trenggalek Kunjungi Desa

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Optimalisasi kinerja di wilayah teritorial terutama antisipasi gangguan keamanan dan membekali kemampuan anggota, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto mengunjungi jajarannya di Koramil Dongko dan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Didampingi istrinya, Hj Heny Dodik,  yang juga sebagai ketua Persatuan Istri Tentara (Persit) Cabang Trenggalek, Dodik kunjungi Koramilnya itu untuk mengetahui situasi desa –desa di pelosok yang menjadi beban tugasnya.

“Selama saya bertugas yang belum genap setahun, perlu kita mapping wilayah,” ucapnya, Jum’at, (20/7/2018) di Trenggalek.

Dikatakannya, desa yang menjadi binaan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) harus menguasai karakteristik desa binaan dan bertanggungjawab di wilayahnya masing-masing.

“Babinsa sebagai salah satu pilar terdepan dari negara harus mampu memahami kultur dan karakteristik desa binaaan agar bermanfaat bagi masyarakat,”jelas Dodik saat menyampaikan sambutan di depan anggotanya.

Dia melanjutkan, bahwa hak dari prajurit sudah diberikan secara penuh,  jadi kewajibannya harus dilaksanakan semaksimal mungkin.

“Tunjangan Babinsa sudah diberikan dan supaya dimanfaatkan untuk meningkatkan etos kerja serta kewajibannya sebagai seorang Babinsa,” tegas perwira berpangkat melati dua dipundak ini.

Selain itu, dia melanjutkan,  ibu-ibu persit agar mendampingi dan melayani suami dengan baik sehingga mampu menunjang kinerja suami.

“Para istri tentara harus selalu belajar bersyukur dan banyak berdoa dengan rejeki yang didapat suami berapapun itu, agar rejekinya berkah,”imbuh Dodik.

Pria asal Jember ini menegaskan, Informasi kejadian apapun di wilayah, seorang Babinsa harus mengetahui lebih dulu sehingga antisipasi maupun solusi bisa segera diberikan oleh otoritas pemangku kewilayahan.

“Babinsa diibaratkan sebagai kamera pengawas terdepan, jadi harus lebih dulu mengetahui tentang segala hal di wilayah kerjanya sehingga pimpinan bisa cepat mengambil tindakan solutif terbaik dari informasi tersebut, ” pungkasnya. (ham)