Kemenpora Gelar Indonesia Open X-sport Championship 2016

IST

KANALINDONESIA.COM : Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali akan memfasilitasi gelaran Kejuaraan Olahraga Ekstrem Terbuka atau Indonesia Open X-sport Championship (IOXC) 2016.  Ajang yang juga dimeriahkan peserta dari mancanegara itu akan dihelat di Serang, 30 September – 2 Oktober mendatang.

“Kami memfasilitasi kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap olahraga alternatif sekaligus membudayakan olahraga menjadi bagian dari gaya hidup. Saat ini, beberapa peserta sudah ada yang datang untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti kejuaraan,” ujar Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta kepada wartawan di Jakarta, Rabu (28/9).

Isnanta menjelaskan, peserta yang mengikuti kejuaraan ini diharapkan mencapai sekitar 350 orang. Adapun negara asing yang sudah memastikan hadir, antara lain Kanada, Australia, Jepang, Prancis, Malaysia, Cile, Jepang, Taiwan, Singapura dan Thailand.

Baca:  Kemenpora Inisiasi Hari Bersepeda Nasional 19 November

IOXC 2016 merupakan kejuaraan edisi kedelapan. Tujuh edisi sebelumnya, IOXC digelar di Kuta Galleria Bali (2007), Mall Cihampelas Walk Bandung (2008), Lapangan Karebosi Makassar (2009), Benteng Kutobesak Palembang (2011), Stadion Mandala Krida Yogyakarta (2013), Lapangan Simpang Lima Semarang (2014) dan Hall Kampus Telkom Bandung (2015).

“Kenapa sekarang di Serang, karena kami ingin mempopulerkan ekstrem sport di kota kecil juga. Kami berharap masyarakat semakin mengenal olahraga ini yang menampilkan atraksi dengan keterampilan berakrobatik yang menantang,” jelas Isnanta.

Ajang ini memperlombakan tiga jenis olahraga dalam satu arena lomba, yaitu BMX, inline skate dan skateboard. “Bisa dibilang ini event terbesar di Asia, bahkan Asia Tenggara,” tuturnya.

Baca:  Menjaga Kebugaran Anggota, Olahraga Bersama Persit KCK Ranting 7 Denpal Divif 2 Kostrad

Peserta dari Indonesia yang sukses meraih prestasi di IOXC, lanjut Isnanta, akan selalu dibina. Seperti yang ditunjukkan atlet BMX Januar “Botai” Susanto dan atlet skateboard Sanggoe yang bersinar di kejuaraan tahun lalu. Oleh Kemenpora, Botai diikutkan Kejuaraan Dunia di Festival Olahraga Ekstrem World Series (FISE) 2016 di Prancis, beberapa bulan lalu, yang kemudian berhasil mengukir prestasi membanggakan.( ZAL)