Gandeng VMware, Telin Bangun Software-Defined Data Center Pertama di Asia Pasifik

Software-Defined Data Center dari VMware

KANALINDONESIA.COM : VMware selaku pemimpin global di kancah infrastruktur cloud dan business mobility, menjalin kerjasama dengan Telekomunikasi Indonesia International (Telin Singapore), anak perusahaan dari PT Telkom Group, dalam membangun sebuah software-defined data center (SDDC) pertama di Asia Pasifik yang berbasiskan VMware Validated Design, bernama Telin-3.

 
Dalam rangka mendukung terpenuhinya kebutuhan pelanggan akan IT yang lincah, efisien dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi, Telin Singapore perlu untuk membangun sebuah aristektur software-defined yang tangguh bagi lingkungan data center mereka.
 
Dengan bermitra bersama VMware, Telin Singapore akan membangun data center paling mutakhir di Singapura dengan mendayagunakan produk-produk dan teknologi tercanggih milik VMware untuk lingkungan SDDC, seperti VMware vSphere, VMware Virtual SAN, VMware NSX dan VMware vRealize Suite.
 
Guna mempercepat terwujudnya transformasi menuju SDDC, Telin Singapore kemudian menggelar solusi-solusi VMware tersebut di seluruh lingkup komputasi, storage, jaringan, serta pengelolaan. Data center Telin Singapore, yang juga merupakan data center terbesar ketiga di negara tersebut, kini telah berhasil melampaui standar sertifikasi industri tertinggi untuk kategori penggelaran tercepat dan memiliki tingkat efisiensi tinggi pada proses otomatisasi IT, sehingga mampu menyuguhkan service delivery tingkat tinggi bagi pelanggan serta dapat memenuhi seluruh persyaratan operasional yang kompleks di industri.
 
“Para pelanggan maupun bisnis-bisnis di seluruh dunia saat ini tengah gencar melakukan transformasi digital dengan mengusung pendekatan software-defined untuk memaksimalkan seluruh kemampuan IT yang mereka punyai. Seiring fokus kami dalam mendukung kesuksesan para pelanggan dan mitra dalam mewujudkan IT mereka melalui SDDC, VMware Validated Designs mampu menyuguhkan sebuah cetakbiru yang lengkap dan teruji untuk membangun sekaligus mengoperasikan sebuah lingkungan private cloud. Arsitektur dan rancangan desainnya dibuat oleh ahli-ahli dari VMware lintas global, dan divalidasi secara kontinu melalui sebuah proses keteknikan yang ketat agar mampu mewujudkan lingkungan IT yang gesit, efisien dan memiliki tingkat keamanan tinggi seperti yang banyak diidam-idamkan saat ini. Kami bangga bisa mendukung dan turut menjadi bagian dari dibangunnya sebuah software-defined data center pertama di Asia Pasifik yang dibangun berlandaskan VMware Validated Design bersama-sama dengan Telin Singapore,” tutur Ron Goh, President Southeast Asia and Korea VMware.
 
Sebagai bagian dari jaringan luas VMware vCloud Air Network, Telin Singapore diharapkan akan dapat memperluas kiprah layanan data center dan cloud premium mereka ke kancah bisnis global dan mengepakkan sayapnya lebih lebar hingga ke wilayah Asia dengan Singapura sebagai batu loncatan pertama mereka, serta turut mendukung dalam memperkokoh posisi negara tersebut sebagai hub ekonomi terdepan di dunia.
“Data center dibangun dalam rangka menjadi solusi terhadap terus meningkatnya kebutuhan akan layanan data center premium untuk mendukung terwujudnya visi negara tersebut sebagai Negara Cerdas, dan mendukung para pelanggan kami di wilayah regional dan di tingkat global. Untuk itulah, kami membangun sebuah data center yang begitu fleksibel dan gesit bagi terpenuhinya seluruh kebutuhan dan tuntutan para pelanggan kami tinggi,” kata Freddi Huang, Head of Engineering and Operations Telin Singapore.
 
“Dengan bekerja bersama-sama dengan para ahli VMware di bidang arsitektur, kami pada akhirnya berhasil memangkas munculnya risiko IT, dapat dengan cepat meraih nilai bisnis yang kami idamkan, serta mampu mengelola seluruh kegiatan operasional yang kami suguhkan kepada seluruh pelanggan kami dengan cepat, bahkan hingga empat kali lebih cepat dari yang biasanya memakan waktu hingga tiga bulan hingga tiga minggu lamanya. Dengan validasi dan pembaruan yang dilakukan secara kontinu pada seluruh perancangan data center, data center kami kini selalu kompatibel dan tangguh dalam rangka mendukung seluruh kebutuhan para pelanggan kami,imbuh Freddi.
 
Telin-3 itu sendiri merupakan data center pertama dan satu-satunya di Singapura yang menerima sertifikasi rancangan Uptime Institute’s Tier-IV. Ini artinya bahwa Telin-3 memenuhi seluruh persyaratan akan risiko dan keamanan serta keamanan data level tinggi yang begitu ketat, seperti dipersyaratkan oleh institusi-institusi keuangan, di mana integritas dan proteksi data menjadi hal yang paling fundamental. VMware Validated Designs juga memungkinkan para pelanggan untuk menggelar seluruh teknologi VMware SDDC untuk terciptanya tingkat infrastructure availability paling tinggi, serta operasional yang tangguh dan berkesinambungan, serta kemudahan dalam pemeliharaan secara serentak. (Fatih)
Baca:  BIG raih ISO/IEC 20000 bidang Pengelolaan Layanan Informasi Teknologi