Mahfud MD, Dinilai Cocok Jadi Cawapres Jokowi Menurut Gus Sholah

pengasuh pondok pesantren Tebuireng Jombang, Gus Sholah

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Jelang pemilihan presiden (Pilpres) pada tahun 2019 nanti, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah), menilai untuk pendamping Joko Widodo yang memenuhi kapasitas dan kapabilitas, adalah Mahfud MD.

Hal ini dikarenakan menurut Gus Sholah, Joko Widodo membutuhkan sosok pendamping ideal dalam kontestasi politik tahun depan, dan bisa mengambil hati rakyat.

“Yang beredar kan pak Jokowi membutuhkan seorang Wakil Presiden (wapres) yang merepresentasi Umat Islam. Jadi ya pak Mahfud,”kata KH. Salahuddin Wahid, atau biasa diakrab Gus Sholah, saat ditemui sejumlah jurnalis di kediaman, di Ponpes Tebuireng.

Masih menurut penjelasan Gus Sholah, walaupun Mahfud MD bukan orang yang duduk distruktural Nahdhatul Ulama (NU). Namun mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut, cukup tenar dikalangan kultural NU maupun dikalangan Muhammadiyah.

Baca:  Jelang Natal, Polres Jombang Amankan Penjual Miras

“Pak Mahfud cukup bisa diterima di NU maupun Muhammadiyah. Jadi g ada masalah,” ujar Gus Sholah, yang juga adik kandung, mantan Presiden ke 4, KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Sebagai Kepala Pemerintahan, lanjut Gus Sholah, Jokowi, dinilai cukup piawai dalam menjalankan segala programnya dengan sangat baik. Sementara sebagai Kepala Negara, Jokowi harus punya Wakil yang bisa menutupi kelemahan dan kekurangannya kedepan.

“Kemampuan si calon itu penting. Jadi saya menilai Pak Jokowi cukup baik, maka perlu wakil yang mampu menutupi kelemahan dan kekurangan. pak Mahfud ini cukup tepat, karena beliau ahli tatanegara, paham konstitusi, paham sejarah, penegakan hukum dan juga paham agama,” tukas Gus Sholah.(elo)

Baca:  Pemdes Rowosari Resmikan Lapangan Futsal, Paguyuban Sekdes Lawan PWI