Wakil Bupati Lamongan, hadiri Lomba Panjat Pohon Pisang di Dusun Dampit Lamongan

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Berbagai lomba unik diselenggarakan masyarakat untuk merayakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia (HUT ke-73 RI). Seperti yang dilakukan oleh sekelompok remaja yang tergabung dalam karangtaruna Dusun Dampit Desa Sumberejo Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Pada Minggu (05/08/2018).

Perlombaan panjat batang pohon pisang yang sudah dikemas menyerupai lomba panjat pohon pinang pada umumnya, memang di sengaja dikemas oleh panitia sebagai lomba yang unik biar menarik perhatian masyarakat yang hadir, terutama Wakil Bupati Lamongan Hj. Kartika Hidayati. Kegiatan tersebut secara khusus juga dihadiri dan dibuka oleh Wakil Bupati Lamongan, Dra. Hj. Kartika Hidayati.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Lamongan Kartika Hidayati mengatakan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia bukanlah hadiah dari para penjajah melainkan para pahlawan meraih kemerdekaan dengan susah payah dan pengorbanan.

“Perayaan kemerdekaan ini sebagai simbol agar masyarakat lebih tahu, jika negeri ini tidak merdeka begitu saja. Tentunya dibayar dengan darah dengan nyawa yang sudah dilakukan oleh pahlawan-pahlawan kita yang membela Negeri ini,” Ungkap Kartika Hidayati dalam sambutannya sebelum membuka perlombaan dalam rangka meriahkan HUT 17 Agustus 1945.

Tak hanya itu, Kartika juga menambahkan jika perayaan agustusan yang biasa dilakukan masyarakat merupakan wujud rasa syukur. Mereka bergembira layaknya anak-anak dan mengikuti berbagai perlombaan yang diadakan seperti lomba panjat pisang, menangkap belut dan lain sebagainya seperti saat ini,” terusnya menambahkan.

Sementara itu ketua karangtaruna Dusun Dampit, Hudin Prasetyo menjelaskan perlombaan yang diadakan merupakan bentuk rasa syukur serta untuk memperingati dan mempersatukan para pemuda desa setempat.

“Acara ini sebagai wujud memperingati HUT RI dan mempersatusan pemuda desa Sumberejo untuk lebih memahami arti kemerdekaan,” ungkap Hudin.

Adapun perlombaan yang diadakan mulai dari perlombaan anak-anak hingga dewasa bahkan untuk ibu-ibu dan bapak-bapak juga disiapkan diantaranya yang berlangsung pada pembukaan terdapat lomba panjat pohon pisang dan memindahkan belut kedalam botol secara resmi di buka oleh wakil Bupati Lamongan Drs. Hj. Kartika Hidayati. (omdik/fer/bis)