Puluhan Rumah Rusak Disapu Puting Beliung

Caption foto : puting beliung

KANALINDONESIA.COM : Dusun Sumbermiri, Desa Bugasurkedaleman, Kecamatan Gudo, Jombang, diterjang angin puting beliung. Hal ini mengakibatkan, puluhan rumah rusak. Bahkan atap rumah beterbangan karena disapu angin.

Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jombang, Nur Huda, saat berada di lokasi, membenarkan adanya musibah angin putting beliung yang menimpa masyarakat Desa Bugasurkedaleman, Gudo tersebut. Hingga pagi ini rumah-rumah tersebut masih porak-poranda.  Awal kejadian angin puting beliung terjadi sekitar pukul 18.00 WIB bersamaan dengan hujan deras. Mendung pekat bergulung. Setelah itu terdengar suara bergemuruh dan angin berputar-putar. Bersamaan dengan itu, atap rumah warga beterbangan.

“Kejadiannya Sabtu petang kemarin bersamaan hujan deras,” ujarnya.

Baca:  Gerindra Gresik Targetkan 18 Kursi

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun akibat terjangan angin puting beliung tersebut, lanjut Nur Huda, ada 7 rumah dalam kondisi rusak berat, 26 rumah dalam keadaan rusak sedang, dan 47 rumah rusak ringan.

Masih menurut Huda, kami beserta petugas dari kepolisian serta TNI di bantu warga segera mengevakuasi, serta berbenah untuk membersihkan area yang diterjang angin putting beliung ini. Karena dari kejadian ini beberapa fasilitas umum rusak.

“Ada juga fasilitas umum yakni 3 pos kamling yang rusak terkena terjangan angin. Saat ini kami bersama Polisi, TNI, serta warga melakukan kerja bakti membersihkan sisa bencana,” pungkasnya.(elo)