Baznas: Banyak Korban Gempa di Lombok Masih Tertimbun

LOMBOK, KANALINDONESIA.COM: Petugas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) diwakili Baznas Tanggap Bencana yang berada di lokasi bencana gempa bumi 7.0 SR di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Senin (6/8) melaporkan masih banyak korban gempa yang tertimbun reruntuhan bangunan.

Baznas bersama Tim gabungan sejak Minggu (5/8) malam terus menyisir rumah-rumah di kawasan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

“Saat ini tim masih mengevakuasi korban luka dan meninggal yang saat ini sudah ditemukan puluhan korban berhasil dievakuasi, 5 org diantaranya ditemukan dlm kondisi meninggal dunia,” kata
Komandan Lapangan Baznas, Taufik hidayat kepada Kanalindonesia.com dari Lombok, Senin (6/8/2018).

Tim juga bergerak di kawasan Tanjung, Lombok Utara untuk memberikan perawatan medis pada warga yang umumnya mengalami luka terbuka.

Ia mengatakan untuk kebutuhan logistik yang dibutuhkan saat ini adalah makanan siap saji seperti roti dan biskuit ataupun makanan cepat saji lainnya yang dapat dinikmati oleh para pengungsi.

Baznas Pusat mengirim pasukan Baznas Tanggap Bencana dengan mobil rescue kedua menggunakan pesawat Hercules TNI AU bersama Tim gabungan.

“Kami menyiapkan tenaga medis dari Rumah Sehat Baznas (RSB) Sidoarjo, Jawa Timur dan RSB Yogyakarta untuk membantu penanganan pasien di lokasi karena berdasar informasi dari tim di lapangan saat ini seluruh unit medis di Lombok Utara dan Lombok Timur kuwalahan menangani korban gempa yang terus berdatangan,” kata Taufik. @Rudi