Beberapa Kecamatan di Bojonegoro Berpotensi Diterjang Puting Beliung

Caption foto : angin putting beliung

KANALINDONESIA.COM : Hujan disertai angin kencang dan petir yang merupakan tanda-tanda potensi angin puting beliung. Dengan adanya fenomena alam ini, masyarakat diimbau agar lebih waspada jika terjadi angin kencang yang disertai hujan. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Andik Sudjarwo menhimbau masyarakat akan bahaya yang mengancam dari akibat fenomena alam ini.

“Jika terjadi hujan disertai angin kencang lebih baik berada di tempat yang mudah untuk menyelamatkan diri. Karena kencangnya angin bisa merobohkan rumah,” ungkapnya.

Masih menurut kepala BPBD Bojonegoro yakni Andik Sudjarwo, badai angin kencang atau angin puting beliung biasanya ditandai dengan awan hitam pekat kemudian terjadi hujan. Ia memprediksi badai tersebut bakal terjadi hingga bulan Desember mendatang.

Baca:  Wow, Hanya Butuh 6 Jam Satresnarkoba Polres Jombang Bekuk Pemakai dan Pengedar Sabu

“Saat ini baru mulai memasuki perubahan musim kemarau ke hujan, prediksi kami angin kencang akan berlangsung hingga akhir bulan Desember mendatang,” tegasnya.

Menurut Andik, seluruh kecamatan di Bojonegoro berpotensi diterjang badai angin kencang tersebut. Namun, seperti tahun sebelumnya wilayah yang parah berada di barat dan selatan Bojonegoro.

“Di wilayah selatan seperti, Kecamatan Gondang, Temayang, Bubulan dan Padangan. Sementara wilayah barat seperti Malo, Purwosari, Gayam, Kalitidu, Kasiman dan Tambakrejo,” pungkasnya.(reg/elo)