Deklarasi, Joko Widodo Gandeng Ma’ruf Amin Sebagai Cawapres

istimewa
JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo memutuskan menunjuk Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam pilpres 2019.

Joko Widodo mengumumkan nama cawapres KH Ma’ruf Amin di hadapan wartawan di sebuah restoran di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (09/08) petang.

“Dengan mempertimbangkan masukan-masukan dan saran dari berbagai elemen masyarakat… maka saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai-partai koalisi yaitu Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai calon wakil presiden periode 2019-2024 adalah Profesor Doktor KH Ma’ruf Amin,” ungkap Presiden Joko Widodo.

Saat mengumumkan nama Ma’ruf Amin sebagai cawapres, Jokowi didampingi seluruh pimpinan partai politik yang menjadi koalisinya

Jokowi kemudian menjelaskan mengapa dirinya memilih Ma’ruf Amin.
Menurutnya, Ma’ruf Amin merupakan “sosok utuh sebagai tokoh agama yang bijaksana.”

“Dalam kaitannya dengan kebinekaan, Profesor Doktor Kiayi Haji Ma’ruf Amin saat ini juga menjabat sebagai Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.”

Ma’ruf Amin, lahir di Tangerang, Provinsi Banten, 11 Maret 1943. Dalam perjalanan hidupnya, Ma’ruf Amin pernah menjadi anggota DPRD, DPR, MPR, serta Dewan Pertimbangan Presiden.

Dia juga pernah menjadi Ra’is Aam PBNU serta Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).