22 Kontestan Peserta Karnaval Pemkab Pamekasan, Meriahkan HUT RI Ke 73 Tahun 2018 

PAMEKASAN, KANALINDONESIA.COM: Sebanyak 22 kontestan peserta karnaval di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis 09 Agustus 201, saling adunyali untuk memeriahkan kegiatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-73 tahun 2018.

22 kontestan yang terdiri dari peserta tingkat Sekolah Dasar (SD) sebanyak 10 peserta, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 6 peserta, serta peserta dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 6 peserta itu, dilepas langsung secara simbolis, oleh Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah Kabupaten Pamekasan, Mohammad Alwi,yang ditandai dengan pelepasan balon.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas tahunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pamekasan untuk memeriahkan HUT RI. Tema yang kami angkat untuk tahun ini adalah “Penguatan Karakter Bangsa untuk menyangga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).” kata Muhammad Alwi, PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Pamekasan, kamis (09/08).

Muhammad Alwi menegaskan, bahwa tema yang diambil itu sengaja diselaraskan dengan pesatnya perkembangan teknologi secara global yang berimbas kepada lunturnya kultur budaya lokal.

Untuk itu, pihaknya melalui bidang kebudayaan dan peradaban dinilai merupakan proses internalisasi nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat yang akan melekat dalam sejarah perjuangan bangsa yang mengalami perkembangan dan perubahan.

“Karena itulah diperlukan pemahaman sejarah dan budaya yang mampu menciptakan dan mengawal keterbukaan kearah masyarakat yang lebih cerdas, rasional, etis dan berbudaya,” tegas Muhammad Alwi, Sekda Pamekasan.

Alwi berharap, dengan digelarnya kegiatan karnaval dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke 73 Tahun 201i ini diharapkan masyarakat bisa memahami lintasan sejarah bangsa Indonesia merupakan sesuatu yang sangat penting khususnya bagi generasi yang akan datang, agar tidak terjadi keterputusan sejarah ditengah derasnya arus budaya global. (Ifa/Nang).