Bangkitkan Nasionalisme dan Jaga Persatuan, Polres Trenggalek Bersama TNI Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa

TRENGGALEK, KANALINDONESIA. COM: Menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Polres Trenggalek bersama dengan Kodim 0806 Trenggalek, Basarnas dan instansi terkait, membentangkan Bendera Merah Putih ukuran raksasa sebagai simbol dari semangat nasionalisme dan persatuan, Sabtu (11/8/2018).

Bendera Merah Putih raksasa yang dibentangkan, berukuran diameter dengan panjang 50 meter dan lebar 9 meter.

Pelaksanaan pembentangan bendera berada di gunung Kebo masuk Desa Sambirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S mengatakan, Bendera Merah Putih raksasa yang dibentangkan, merupakan simbol dari semangat nasionalisme dan persatuan.

“ Di moment HUT Kemerdekaan RI ke 73 ini, kami ingin menggelorakan kembali semangat kebangsaan kepada seluruh elemen masyarakat. Agar tumbuh rasa cinta tanah air dan bangga menjadi Indonesia,” ucapnya.

Disampaikan, sebelum pelaksanaan pengibaran bendera dimulai, diawali dengan Salat Subuh berjamaah di salah satu Masjid di Dusun Siwalan Desa Sambirejo. Kemudian dilanjutkan dengan apel keberangkatan.

“ Untuk menuju ke lokasi pengibaran, yakni di puncak gunung Kebo dibutuhkan stamina tinggi. Selain medannya perbukitan dan menanjak, juga bendera tersebut cukup besar. Sehingga dibutuhkan puluhan orang untuk membawanya ke puncak gunung,’’ imbuhnya.

Dijelaskan, makna dari kegiatan dimaksud tak lain adalah, untuk merepresentasikan kembali perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan nyawa demi berkibarnya Sang Saka Merah Putih dan tegaknya negara Indonesia.

“ Kita wajib mengenang segenap perjuangan para pahlawan dan pendahulu bangsa demi merebut kemerdekaan dan kejayaan NKRI,” tuturnya.

Ditambahkan, Bendera Merah Putih berukuran raksasa yang memiliki berat sekitar 200 kilogram ini sengaja kita bentangkan mengelilingi bukit gunung Kebo dan menghadap ke barat, sehingga akan mudah terlihat dari berbagai sudut pandang.

“ Kegiatan ini kedepannya akan dijadikan agenda tahunan setiap bulan Agustus, agar tumbuh jiwa nasionalisme khususnya dikalangan generasi muda,’’ pungkasnya. (sup/ham)