Desa Pagertoyo Tingkatkan Seni dan Budaya Jawa Lewat Karnaval

Karnaval Desa Pagertoyo Kecamatan Limbangan-Kabupaten Kendal.

KENDAL, KANALINDONESIA.COM : Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 Desa Pagertoyo Kecamatan Limbangan gelar batik karnaval, Minggu (12/8).

Kegiatan tersebut dihadiri, Muspika Kecamatan Limbangan, barisan pertama panji-panji bendera merah putih, marching band, perangkat desa dan barisan dari masing-masing RT, Paud, Sd dan ibu-ibu PKK.

Kepala desa Pagertoyo Sujarno mengatakan, karnaval tersebut bertujuan untuk menggugah masyarakat agar lebih meningkatkan kreativitas dibidang seni dan budaya jawa. Karnaval tersebut baru pertama kali dilakukan oleh pemerintahan desa.

“Ini merupakan langkah awal yang dilakukan desa untuk menjaga dan melestarikan kesenian tradisional jawa, seperti kuda lumping, gedruk.”ungkapnya.

Dijelaskannya, peserta menggunakan kreativitas masing-masing dan kostum karnaval yang mengandung makna kesenian tradisional.

“Saya berharap semoga dengan karnaval ini masyarakat bisa guyub rukun dan mampu menghidupkan lagi kesenian tradiaional jawa, ini upaya nguri uri budaya jawa.”harap Sujarno Kepala desa Pagertoyo.

Sementara panitia karnaval Toto Wiyanto, mengatakan, karnaval diikuti seluruh warga desa Pagertoyo dengan menggunakan kostum sesuai kreatifitas team masing-masing dan peserta menempuh perjalanan sejauh 2 kilometer.

“Peserta start di kantor balai desa Pagertoyo, berjalan melintasi warga dan peserta karnaval Finis kemabali di balai desa Pagertoyo.”jelasnya.(eko)