Pop Culture Carnival Trenggalek Promosikan Daerah

Pawai carnival tunjukan kekayaan budaya

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur  ternyata tak hanya memiliki keindahan laut pesisir selatan saja, Namun setiap tahun dalam merayakan hari kemerdekaan RI mesti menggelar Pop Culture Carnival. Karnaval tradisional ini  rutin digelar yang dipadukan dengan perkembangan zaman. Tahun ketiga kabupaten ini menggelar pertunjukan yang berbasis kearifan lokal dan hasil kreasi daur ulang ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Joko Irianto mengatakan, carnival ini sebagai bentuk upaya promosi potensi daerah. Karena Kota Tempe Kripik ini mempunyai keberagaman kebudayaan dan tradisi yang perlu khalayak umum ketahui.

” Seperti yang telah kita lihat bersama, dari para peserta banyak menyuguhkan kebudayaan tradisi dan potensi. Seperti ada seorang yang sedang membatik dengan tema klasik, budaya jaranan, tiban, dolanan tradisional serta banyak pesan yang disampaikan oleh para peserta melalui pop culture carnival ini,” ucapnya, Senin (13/8/2018).

Baca:  Kapolres Trenggalek Ambil Langkah Cepat Antisipasi Bentrok Perguruan Silat

Pop culture carnival ini lanjutnya, Joko, dalam rangka memperingati HUT ke 73 Kemerdekaan RI. Sekaligus membangkitkan dengan mengangkat budaya Kabupaten Trenggalek.

“ Dengan demikian, kami berharap karnaval tradisional ini dapat mendongkrak suatu potensi khas daerah Kabupaten Trenggalek,’’ imbuhnya.

Ditambahkan, Pop Culture Carnival yang diikuti ratusan peserta ini berhasil menarik perhatian public, baik mulai generasi muda hingga lintas generasi. Selain itu sebagai upaya promosi pariwisata yang memberikan daya tarik tersendiri dari segi ikon yang ada.

Dari pantauan, beberapa jalan protokol disulap menjadi catwalk para model untuk menampilkan keindahan busana yang dikenakan. Tidak mau kalah puluhan mobil, juga dihias indah untuk menyita perhatian pengunjung.

Baca:  Jalur Ex Anjlokan Kereta Api Normal, Namun Kecepatan Masih Dibatasi

Antusias ribuan bahkan jutaan penonton yang hadir menandakan bawasanya event PPC merupakan event tahunan yang sangat dinanti oleh warga masyarakat Trenggalek dan sekitarnya.

“Event ini mesti yang paling ditunggu seluruh warga Trenggalek bahkan dari luar kota,” pungkasnya. (ham)