DPRD Trenggalek Apresiasi Aksi Pasukan Bersih

Pasukan bersih yang bertugas membersihkan jalan usai kegiatan carnival di Trenggalek yang diapresiasi DPRD setempat.

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Aksi gerak cepat yang dilakukan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mendapat pujian dari anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Trenggalek, Bambang Sutopo. Menurutnya aksi ini merupakan kerja nyata dinas terkait dalam pengelolaan sampah yang baik guna tetap menjaga lingkungan yang sehat dan bersih serta bermanfaat bagi masyarakat setempat terjaga dari berbagai sumber penyakit.

Dari pantauan, setiap perayaan atau even besar biasanya akan menyisakan masalah sampah. Sampah sisa bekal makanan maupun minuman dari penonton dan pengunjung akan tampak berserakan dilokasi perayaan digelar.

Baca:  Pernyataan Anti Terorisme dan Radikalisme Saat Adu Ayam Bekisar

Bambang Sutopo , anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Trenggalek ini mengatakan, berserakannya sampah usai perhelatan pertunjukan seperti even agustusan  diakibatkan, karena kekurang sadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Masyarakat masih butuh diedukasi agar tidak membuang sampah sembarangan,” ucapnya, Selasa, (14/8/2018).

Dicontohkannya, permasalahan sampah usai perayaan ini ternyata tidak terjadi pada perayaan Trenggalek Pop Culture yang digelar pihak Pemerintah Kabupaten Trenggalek pada, Minggu kemarin saja. Namun beberapa hari, kondisi Alon-alon kota juga agak terlihat kotor karena padatnya pengunjung yang mendatangi wahana rekreasi keluarga itu.

“Alon-alon sebagai wajah kota kita juga agak terlihat kurang sedap dipandang mata, akibat sampah yang masih berceceran di hampir setipa sudut lokasi itu utamanya yang bagian dalam,” imbuhnya.

Baca:  Kecamatan Trenggalek Juara Umum Porkab XIII

Untuk itu , politisi asal PDI Perjuangan ini berharap sekaligus apresiatif atas langkah dinas untuk selalu tanggap membersihkannya dengan mengerahkan seluruh kekuatan petugas kebersihan yang dimilikinya.

Sementara, Agung Sudjatmiko, Kepala Dinas PKPLH Kabupaten Trenggalek menerangkan, untuk menghindari sampah yang berserakan dinasnya meurunkan 95 personil pembersih cepat.

Apalagi, saat ini pihaknya sedang dalam tahap penilaian Afipura dimana Trenggalek telah mampu mepertahankan prestasi di bidang kebersihan itu telah enam kali.

“Tentunya kami tetap menjaga agar Adipura tidak lepas dari raihan kita tahun ini,” tandasnya.

Menurutnya, begitu kegiatan pawai selesai, pihaknya langsung bekerja membersihkan lokasi .Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga kebersihan Kabupaten Trenggalek sekaligus untuk menyukseskan kegiatan-kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke-73 RI dan Hari Jadi ke-824 Kabupaten Trenggalek.

Baca:  Penduduk Sumenep Banyak Yang Belum Terdaftar BPJS

“Tetap harus kita jaga,” terangnya.

Ditambahkan Agung Sudjatmiko, pembersihan ini tidak hanya dilakukan pada kegiatan Trenggalek Pop Culture saja, melainkan juga pada kegiatan Trenggalek Etnic Carnival dan ini akan terus berlanjut pada event-event berikutnya,” tegas Plt. Kadis PKP LH ini.(ham)