Tanpa Harus Ada Bupati Difinitiv, Seleksi Jabatan Sekdakab Jombang Sudah Dimulai

Kepala BKD Jombang, Muntholip

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jombang, membuka pendaftaran seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, tanpa menunggu Bupati Terpilih dilantik terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan adanya kekosongnya Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang. Dan mengenai kekosongan tersebut BKD Jombang, tak mau berlama-lama ada kekosongan jabatan Sekdakab. Meski demikian nantinya BKD tetap akan meminta izin ke Mendagri, mengenai persoalan tesebut.

“Tidak harus menunggu Bupati dilantik. Kalau memang sudah ada hasil seleksi ya kita lantik dengan kita minta izin Kemendagri sesuai dengan aturan yang ada,” ujar Muntholip saat ditemui sejumlah jurnalis, Selasa (14/8/1018).

Sedangkan untuk pengumuman seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang tersebut, Muntholip menjelaskan, bahwa pihaknya sudah mengumumkan pada, Jumat (10/8) kemarin.

Baca:  Kunker ke Jatim, Wakapolri Apresiasi Kapolda Atas Inisiasi Kampung Tangguh

“Kita buka tanggal 10, dan pendaftaran kita mulai tanggal 11 sampai 24 Agustus. Kalau tanggal 24 tidak ada yang daftar, akan kita perpanjang 7 hari lagi hingga tanggal 1 September,” terangnya.

Masih menurut penjelasan Muntholip, salah satu syarat untuk mendaftarkan diri pada seleksi terbuka tersebut adalah rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian yakni Bupati ataupun Wakil Bupati Jombang.

“Banyak pejabat Eselon II yang memenuhi syarat, tetapi semuanya tergantung pada yang bersangkutan. Kedua, tergantung pada rekom dari Bupati atau Wakil Bupati. Karena itu harus ada rekom pimpinan, yang daftar itu,” katanya.

Selain itu, Kepala BKD Kabupaten Jombang ini juga menjelaskan bahwa tim Panitia Seleksi (Pansel) sudah terbentuk. Ketua Pansel diketuai oleh Kepala Kantor Regional II BKN Jawa Timur, dengan anggota Pansel yang terdiri dari akademisi dan tokoh masyarakat di Jombang. Dan proses seleksi sendiri, akan menggunakan sistem assessment.

Baca:  Atap Gedung Sekolah Ambruk, Disdik Jombang Belum ada Respon

“Pendaftar yang masuk kita seleksi sesuai dengan syarat yang ada dipengumuman itu, nanti habis itu ditetapkan oleh Pansel. Kemudian berlanjut pada tingkat assessment test,” ungkap Muntholip.

Disinggung mengenai para pejabat Eselon II yang sudah melakukan pendaftaran untuk seleksi terbuka jabatan Sekdakab Jombang, Muntholip mengatakan, bahwa hingga hari ke-4 pendaftaran belum ada pejabat yang mendaftarkan diri. “Belum ada, sejauh ini belum ada. Sudah 4 hari kita buka, belum ada,” pungkas Muntholip.(elo)