Disdik Jombang Ajukan Anggaran 11,5 M, Untuk Sukseskan UNBK SMP 100% di 2019

Kepala dinas pendidikan Jombang, dr Budi Nugroho, saat ditemui dikantornya

JOMBANG, KANALINDONESIACOM: Untuk memastikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi pelajar di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), bisa berjalan 100%. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jombang, mengajukan anggaran sebesar 11,5 M, di perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD tahun 2018.

“Di 2019 harapannya bisa menyelenggarakan UNBK bisa 100%. Sehingga di perubahan anggaran ini, kita ajukan ke tim anggaran untuk dana pengadaan computer, sebagai prasyarat untuk pelaksanaan UNBK di seluruh sekolah terutama SMP. Besaran anggaran kisaran 11,5 M, yang kita ajukan,” ujar Kepala Disdik Jombang, dr Budi Nugroho, pada sejumlah jurnalis, Rabu (15/8/2018).

Baca:  Tingkatkan Perekonomian Desa, Lapindo Gelar Pelatihan Olahan Tempe di Kesamben

Masih menurut penjelasan Budi, pengadaan computer tersebut nantinya terbagi menjadi 42 paket, dimana ada 30 paket untuk sekolah negeri, dan 12 paket untuk sekolah swasta. Dan setiap paket itu merupakan pengadaan laboratorium kompeter, yang sudah termasuk server untuk nantinya digunakan UNBK.

“Yang kita ajukan adalah 42 paket, dari 30 sekolah negeri akan kita alokasikan dan 12 sekolah swasta. Di perubahan anggaran tahun ini, dan 2019 nanti sudah bisa UNBK SMP 100%. Dan pengadaan ini hanya perlengkapan saja, termasuk servernya, labtopnya,” ungkap Budi.

Selain adanya penambahan anggaran dari APBD ini, lanjut Budi, pihaknya masih tetap berharap partisipasi masyarakat secara aktif untuk mendukung suksesnya pelaksanaan UNBK SMP agar bisa berjalan 100%.

Baca:  Puluhan Mahasiswa Ngeluruk Polres Sumenep

“Penambahan dari APBD ini memang untuk upaya berjalannya UNBK SMP 100%, namun kita tetap bahwa partisipasi masyarakat harus juga kita harapkan, agar bisa mendukung suksesnya UNBK 100%,” tukas Budi.(elo)