Wabup Kartika: Perempuan Lamongan Harus Waspada Terhadap Kanker Serviks. Begini Caranya…

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM: Kanker leher rahim atau Kanker Serviks saat ini menjadi satu ancaman hidup yang mengakibatkan kematian bagi kaum perempuan. Namun penyakit ini setidaknya masih bisa disembuhkan dengan melakukan pencegahan sejak dini. Seperti yang disarankan sosok Wakil Bupati Lamongan Dra. Hj. Kartika Hidayati M.M, M.HP.

Saat diwawancarai perempuan asal Lamongan Jawa Timur ini menjawab, para perempuan sebenarnya berkeinginan selalu bisa hidup sehat tanpa serangan penyakit. Maka dari itu, ancaman penyakit terhadap masyarakatnya sudah menjadi tugas Pemkab Lamongan untuk menjaga dan melindunginya.

“Ya sebagai perempuan kita semua menginginkan sehat. Maka pemerintah wajib melindungi kaum perempuan di kabupaten Lamongan harus sehat semua,” kata orang nomor dua di Lamongan.

Untuk menghindari penyakit tumor ganas ini baik laki-laki maupun perempuan, yang pertama harus menjaga kebersihan pakaian hingga pakaian dalam. Terlebih dulu menjaga kebersihan pakaian dalam, yaitu dengan cara rajin mengganti ketika basah ataupun kotor. Mungkin cara ini bisa terhindar serta melindungi bagian vital luar maupun dalam dari serangan kanker leher rahim/serviks.

Baca:  Pembongkaran Lokalisasi Prostitusi Petiyin di Lamongan Berlangsung Tegang

“Karena dari ibu dan rahim yang sehat maka akan lahir anak anak yang sehat pula. Dan kebersihan itu kalau untuk suami juga akan menjadi sakinah mawadah dan warohma,” lanjutnya.

Kanker adalah penyakit yang mematikan. Dari sekian banyak jenis kanker, yang bisa dideteksi sejak dini hanyalah kanker leher rahim/seviks melalui berbagai pemeriksaan seperti papsmear. Maka kanker ini bisa disembuhkan jika ditemukan dalam stadium dini.

“Ya harus selalu waspada dan kemudian rutin untuk memeriksa. Karena kalau sudah stadium akan cepat, maka harus rajin periksa,” jelas Kartika saat menghadiri peresmian Klinik Pondok Merah Jambu (PMJ), Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Lamongan.

Dalam kesempatan kehadiran Wabub Kartika di Pondok Merah Jambu (PMJ) Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten Lamongan di Jalan Kombespol M. Duryat, juga dihadir pula Ketua PMJ YKI cabang Lamongan Makhdumah Fadeli, serta seluruh jajaran fokopimda.

Baca:  Karena Kesal, Seorang Pemuda Mengamuk Di Warung

Menurut Ketua YKI Lamongan, keberadaan PMJ sangat penting bagi kampanye pencegahan kanker. Terutama untuk satu-satunya kanker yang bisa dideteksi sejak dini yaitu kanker leher rahim/serviks.

“Oleh karena itu, YKI berupaya sebaik mungkin untuk mendekat kepada masyarakat. Dengan memberikan pelayanan pemeriksaan yang biayanya lebih terjangkau, bahkan gratis,“ katanya menambahkan.

Makhdumah Fadeli mengungkapkan ada subsidi jika melakukan papsmear di PMJ YKI Cabang Lamongan. Sehingga jika normal biaya papsmear sekitar Rp 100 ribu, di PMJ YKI yakni hanya setengahnya.

“Bahkan jika datang bersama kelompok, hanya Rp 45 ribu dan biaya konsultasi dokter hanya Rp 15 ribu. Bahkan pada event-event tertentu YKI menggratiskan pemeriksaan,“ kata dia.

Sementara PMJ YKI sendiri buka setiap hari, dari Senin sampai dengan Kamis mulai jam 09.00 WIB sampai 12.30 WIB. Klinik ini menugaskan 4 dokter spesialis yang standbey untuk pengobatan pasien. Sementara untuk perawat diambil dari ibu-ibu paruh baya karena dianggap mereka bekerja lebih ikhlas dan telaten.

Baca:  Serunya Panjat Pinang di Desa Pengangsalan

Selain pemeriksaan papsmear, PMJ YKI Cabang Lamongan juga melayani Iva test, kolpuskopi, vaksin hpv, konsultasi Sadari (pemeriksaan payudara sendiri) dan cryo. Pemeriksaan iva tentunya lebih efektif, nyaman, mudah, murah, cepat dan aman.

Semoga keberadaan Klinik Merah Jambu (KMJ), Yayasan Kanker Indonesia (YKI) bisa memberi pengobatan serta kesembuhan bagi kaum perempuan di Lamongan yang menderita kanker leher rahim/serviks.

Mari cegah kanker leher rahim/serviks dan payudara dengan mendeteksi sejak dini melalui pemeriksaan Iva/papsmear dan Sadari.

Bagaimana, apa anda sudah memahami cara mencegah kanker leher rahim/serviks? Jika belum, maka segeralah konsultasikan ke klinik YKI cabang Lamongan. (omdik/fer/bis)