Puluhan Ogoh-ogoh Meriahkan Karnaval di Desa Sungelebak Lamongan Sambut HUT RI

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Ribuan warga menyemut di beberapa titik Jalan Raya Sukodadi-Paciran tepatnya di Desa Sungelebak Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Sabtu (18/8/2018).

Orang tua, muda hingga anak kecil tumpah ruah dan bersuka cita untuk menyaksikan karnaval dalam rangka memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Sungelebak Kecamatan Karanggeneng, Lamongan.

Acara yang dimulai sejak pagi hingga siang ini diikuti oleh belasan ribu peserta, mulai dari rombongan perwakilan RT dan lembaga pendidikan yang berada di Desa Sungelebak. Mereka menampilkan berbagai macam kreasi mulai dari kesenian, budaya, serta sosok pejuang kemerdekaan tak ketinggalan puluhan patung (ogoh-ogoh).

Ada yang berjalan kaki, mengendarai becak hias, sampai menumpang kereta kelinci. Perayaan kemerdekaan semacam ini memang selalu dinanti-nanti oleh masyarakat.

Baca:  Persela Kalahkan Bhayangkara FC 1-0

Karnaval yang diikuti oleh 16 RT dan 2 Yayasan Pondok Pesantren yang memiliki lembaga pendidikan dengan ribuan peserta. “Jumlah peserta dari karnaval ini kurang lebih sekitar 12.000 orang yang ikut memeriahkan karnaval ini,” jelas Drs. Supriyo, Ketua Panitia Karnaval Kemerdekaan di Desa Sungelebak ini.

Lebih lanjut Supriyo mengatakan, pada 2018, Karnaval Kemerdekaan yang merupakan acara tahunan ini mengusung tema Kebudayaan. Setiap RT di Desa Sungelebak yang ikut memeriahkan karnaval kemerdekaan ini dibebaskan panitia untuk menampilkan kebudayaan apa yang ingin diangkat, selama masih masuk ke dalam tema acara.

Karnaval Kemerdekaan dimulai pukul 07.30 WIB dengan masing-masing peserta berkumpul di lapangan desa, lalu berjalan menuju arah Dusun Sungelebak dan Dusun Simo. Tidak hanya remaja dan dewasa, karnaval ini turut dimeriahkan anak-anak bahkan warga lanjut usia sekalipun. Tampak pula di barisan karnaval, sosok ibu yang menggendong anak bayinya di bawah terik matahari.

Baca:  Sekretaris Dan Bendahara Desa Di Karanggeneng Ikuti Bimtek Siskeudes

Beberapa penampilan yang ada di Karnaval Kemerdekaan ini antara lain pertunjukan musik, tari-tarian, dan ogoh-ogoh dengan atribut kebudayaan Jawa yang kental. Selain dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI, warga Desa Sungelebak juga ingin menumbuhkan rasa kebersamaan antar warga bahkan berinteraksi langsung dengan masyakat lain desa yang ikut menyaksikan Karnaval Kemerdekaan ini.

Pawai karnaval dilepas secara resmi oleh Kepala Desa Sungelebak, M. Mujito, yang dihadiri Camat Karanggeneng, Bakti Aprianto, Kapolsek Karanggeneng serta jajaran Muspika lainnya.

Kepala Desa Sungelebak, M. Mujito menjelaskan karnaval tahun ini begitu meriah dengan banyaknya peserta dan banyaknya ornamen yang mengikuti.

“Pawai karnaval ini merupakan salah satu upaya memelihara kerukunan antar warga di Desa Sungelebak serta diharapkan pula para pelaku seni juga terpantik untuk mengembangkan kreasi dan inovasi,” katanya.(omdik/fer/bis).

Baca:  Peminat Hewan Qurban Tahun 2017 Menurun Drastis