Pramuka Mampu Bentuk Kepribadian Kuat Untuk Generasi Muda

Penancapan Pusaka Adat Jawa Keris dan Penandatanganan Prasasti tanda dimulainya kegiatan Porseka ke- 25 dan Khutbatul Arsy tahun 2018.

KENDAL, KANALINDONESIA.COM: Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Amanah Sukorejo menggelar kegiatan Pekan Olahraga Seni dan Pramuka (Porseka) ke- 25 dan Khutbatul Arsy tahun 2018.

Pembina Upacara Komandan Kodim 0715/Kendal Letkol Czi Hendro Edi Busono yang mewakili Pangdam IV/Diponegoro, Minggu (19/8).

Sebanyak 2.050 peserta dan kegiatan berlangsung selama tiga hari. Hadir dalam pembukaan Bupati Batang Wihaji, Kasi Pesantren Provinsi Jawa Tengah H Dimyati, Sekertaris Disdikbud Kendal Sutadi.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan penancapan pusaka adat Jawa keris pada batang pohon pisang, penandatanganan prasasti, penanaman tunas pohon kelapa, pelepasan balon ke udara dan burung merpati.

Baca:  93 Kontingen Ramaikan Karnaval Budaya Kecamatan Gemuh

Bacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro, Komandan Kodim 0715/Kendal, Letkol Czi Hendro Edi Busono, mengatakan, kegiatan Pekan Olahraga Seni dan Pramuka ke- 25 dan Khutbatul Arsy ini dapat memberikan makna bagi peningkatan pengetahuan dan kemampuan kepramukaan.

Sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah Islamiyah diantara santri Ponpes Darul Amanah dalam mengembangkan sikap iman dan wawasan kebangsaan.

“Kegiatan ini dapat membentuk dan membina generasi muda sebagai calon pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan. Dapat membentuk kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet dan pantang menyerah, disipilin, inovatif dan mampu bekerja keras dapat mendorong kemajuan dan keberhasilan cita-cita bangsa,”ungkapnya.

Dandim, Gerakan pramuka pada khususnya dan generasi muda umumnya harus mencintai bangsa dan negara serta tanah airnya.

Baca:  Kesbangpol Kendal Gelar Rakor Masalah Strategis dan Aktual

Amalkan satya dan dharma pramuka. Inti dari satya dan dharma dari gerakan pramuka adalah semangat, tekad, kode etik termasuk pesan moral dan spiritual.

“Tekad dan semangat kode etik serta pesan untuk melaksanakan dan amalkan melalui pengamalan satya dan dharma pramuka. Sehingga Pramuka akan jadi wadah yang ideal dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spirituan di generasi muda,” katanya.

Pengasuh PP Darul Amanah, KH Mas’ud Abdul Qodir, mengatakan, lomba Khutbatul Arsy LPK ke-7 berbentuk perkemahan. Ada sebanyak 25 lomba dalam kegiatan tersebut. tema lomba Perkemahan Khutbatul Arsy LPK ke-7, “Pramuka Pelopor Peradaban Bangsa”. Lomba berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 19-21 Agustus 2018.

Baca:  Tidak Ada Izin Kampanye, Panwaslu Kecamatan Patebon Turunkan Spanduk Caleg di Arena Konser Rena KDI

“Bentuk kegiatan yang dilombakan, wawasan kreativitas, kegiatan petualangan adventure dan activity, survival camp, LKBB resmi, variasi dan isyarat, sandi-sandi morse, P3K, pionering, juz amma, tilawah dan adzan, pidato bahasa Arab, Inggris dan Indonesia, brodcasting, stand up comedy, LCC, puisi, kaligrafi, karikatur, mu’jam muhfarros, fatkhul mujib, fatkhul qur’an, karya ilmiah, dan pentas seni serta lainnya,”jelasnya.(eko)