KPU Ponorogo Tiadakan TPS untuk Warga Binaan dan Petugas Lapas

Plt Ketua KPU Ponorogo Teguh Wiyono

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo mengurangi satu Tempat Pemilihan Suara (TPS) pada Pemliu serentak 2019 yang diperuntukan bagi warga binaan dan petugas Lapas Kelas IIB Ponorogo  yaitu TPS 13 Banyudono.

“Ada pengurangan satu TPS yaitu TPS 13 Banyudono yang pada Pilgub tahun 2018 lalu terdiri dari petugas dan warga binaan Lapas Ponorogo,”ucap Plt ketua KPU Kabupaten Ponorogo Teguh Wiyono kepada kanalindonesia.com.

Dijelaskan teguh Wiyono, untuk proses pencoblosan atau penggunaan hak pilih para warga binaan dan petugas lapas tersebut, dikembalikan sesuai dengan alamat KTP masing-masing.

“Pengurangan satu TPS ini berdasarkan pada Surat Edaran( SE) KPU no 877 yang diterima KPU Ponorogo kurang lebih tiga hari yang lalu,”terang  Teguh Wiyono disela rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan DPSHP dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Umum Tahun 2019 yang digelar di rumah makan Sami Lumayan, Senin(20/08/2018) kemarin .

Baca:  DPC Gerindra Sidoarjo , Bagikan masker dan Hand Sanitezer Gratis

Dari pendataan petugas KPU, jumlah pemilih yang berada di Lapas kelas IIB Ponorogo berjumlah 143 orang yang terdiri dari 121 orang warga Ponorogo dan 22 orang berasal dari luar Ponorogo.

Untuk Pemilu serentak tahun 2019 mendatang dari 307 desa yang ada di Ponorogo terdapat 2.927 TPS yang terdiri dari pemilih laki-laki sejumlah 374.035 orang dan pemilih perempuan sejumlah 387.936 orang.

Sementara itu, ketua Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Kabupaten Ponorogo Muh Syaifullah ditemui di lokasi rapat pleno mengatakan,”ya memang menurut KPU tidak ada TPS di Lapas ya, sehingga DPT yang sebelumnya ditetapkan di Lapas harus dikembalikan sesuai alamat KTP, sampai hari ini kita melakukan monitor dari Panwascam untuk mengawasi dan mendampingi PPK dalam rangka perubahan-perubahan berita acara,”jelasnya.(an)

Baca:  Nobar Film Hanya Manusia, Kapolres Ponorogo Ajak Masyarakat Jaga Keluarga