PP-IPTEK Gelar Lomba Roket Air

JAKARTA, KANALINDOESIA.COM: Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali menggelar lomba Roket Air untuk wilayah Jabodetabek dan Banten.

Lomba ini diadakan tanggal 25-26 Agustus 2018 di anjungan PP-IPTEK, area kompleks TMII, Jakarta.

Direktur PP-IPTEK Kemenristekdikti Syachrial Annas mengatakan lomba ini merupakan ajang keterampilan bagi pelajar di bidang teknologi antariksa dengan roket air sebagai media dalam menjelaskan prinsip sains yang dikenal dalam hukum Newton.

Roket air itu sendiri terbuat dari bahan botol plastik kolaborasi dengan jumlah minimum 2 botol yang dirakit menjadi satu bagian badan roket air.

“Bagian badan roket air ini dilengkapi dengan sirip roket terbuat dari bahan infraboard atau sterofoam tebal yang dipotong dan dibentuk seperti sirip roket pesawat ulang alik. Desain sirip roket ini bentuknya bisa macam-macam tergantung dari kreatifitas peserta. Namun lomba ini bentuk Striping roket sudah kami tentukan,” ujar Syachrial kepada Kanalindonesia.com di Jakarta, Minggu (26/8/2018).

Baca:  Sambut Hari Anak Nasional 2017, Astragraphia Kenalkan Cerita Rakyat

Ia bersyukur animo peserta ikut lomba ini jumlahnya meningkat dan lebih besar ketimbang tahun sebelumnya.

“Jumlah peserta 435 orang pelajar terdiri dari 96 sekolah di Jabodetabek dan Banten. Mereka adu keterampilan dalam mendesain roket air dan meluncurkan roket air berdasarkan target sasaran. Yang jaraknya dari titik luncur sepanjang 50.meter,” kata Syachrial.

Ia memaparkan kegiatan ini sebagai tahap awal yang selanjutnya diadakan tingkat nasional hingga tingkat internasional se-Asia Pasifik yang tahun ini diselenggarakan Asia Pasifik Regional Space Agency Forum (APRSAF) di Singapura pada bulan November 2018.

“Tahun 2016 Indonesia juara ke-2 tingkat Asia Pasifik. Yang terpenting tujuan di acara ini adalah pengenalan slmslam-malam kit libatantuk kemajuan teknologi Riset film,” tutur Syachrial. @Rudi

Baca:  Kadiv Pendayagunaan Baznas Diundang ke The Obama Foundation Leaders