Menu

Mode Gelap
Bersama Pemkab Ponorogo, UMPO Launching Aplikasi Digital-Media Reka Creative Desa Gagal Pengereman, Hasil Penyelidikan Laka Bus Wisata di Magetan Grup Band Slank Bakal Ramaikan Kota Tidore 3 Terdakwa Kasus Ambruknya Seluncur Kenpark Diadili di PN Surabaya Operasi Skala Besar Gengster, Jajaran Polrestabes Surabaya Amankan 26 Orang Pemuda

Kanal Techno · 7 Nov 2021 00:38 WIB

5 Skil yang Wajib Dikuasai oleh Editor Video


					5 Skil yang Wajib Dikuasai oleh Editor Video Perbesar

TECHNO, KANALINDONESIA.COM: Profesi editor video memang saat ini sedang banyak sekali dicari oleh perusahaan-perusahan.

Hal ini dikarenakan perkembangan industri digital kreatif yang semakin hari semakin meningkat. Tak heran jika profesi ini dapat menarik banyak peminat dikalangan masyarakat.

Namun terjun menjadi seorang editor video bukan hanya sekedar menguasai teknik cut to cut saja. Ada beberapa skill yang harus dipelajari dan wajib dikuasai.

5 skill yang wajib dikuasai oleh editor video diantaranya;
1. Mampu mengoperasikan software editing video.
Mengoperasikan software editing adalah skill utama yang harus dipahami dan dikuasai oleh editor video. Sebagai seorang editor video menguasai beberapa macam software editing video seperti Adobe Premier, Sony Vegas, Filmora, After Effect, dan sebagainya memang sangat diharuskan.

Karena jika tidak mampu mengoperasikan software editing video bagaimana seorang editor video dapat menyelesaikan project-projectnya dengan baik.

2. Dapat memahami arahan dari sutradara dan produser.
Skill selanjutnya yang harus dimiliki editor video adalah mampu menginterpretasikan apa yang diinginkan sutradara. Bukan hanya sekedar mendengarkan apa yang diucapkan sutradara saja, namun bagaimana seorang editor mampu memahami keinginan sutradara sehingga dapat mengubah sebuah naskah menjadi karya visual yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

3. Kemampuan bekerja dengan cepat dan tepat.
Tidak hanya sekedar menguasai software editing video saja, seorang editor video juga harus mampu untuk bekerja dengan cepat. Jika kemungkinan adanya revisi maka sebagai editor video harus mampu menyelesaikan revisi dengan cepat. Namun cepat saja tidak cukup tetapi juga harus tepat, agar kualitas video yang dihasilkanpun tidak akan mengecewakan.

4. Dapat bekerja secara kolaboratif.
Dalam industri kreatif khususnya karya visual, terdapat banyak sekali anggota produksi lainnya seperti produser, sutradara, penulis naskah, kameramen, soundman dan sebagainya. Maka dari itu editor video diharapkan dapat bekerjasama dengan tim dan dapat menerima kritik. Jika ada kritikan dari hasil editingnya hal itu dapat dijadikan bahan evalusi editor video dalam mengerjakan project-project editing kedepannya.

5. Memahami sense of music.
Hal yang dimaksut dalam poin 5 ini bukan perihal selera musik, melainkan kemampuan seorang editor video dalam menyesuaikan musik dengan setiap adegan. Hal ini tidak bisa dianggap sepele, karena masih banyak dijumpai karya-karya visual yang tidak selaras antara adegan dengan musik yang menjadi backsound atau yang mengirinya. Mengapa music yang selaras dengan adegan sangat penting? Karena musik sangat mempengaruhi mood suasana dari penonton. Jika pemilihan musik tidak sesuai kemungkinan pesan yang disampaikan dalam karya visual juga tidak akan tersampaikan dengan baik.

Nah itu dia 5 skill yang harus dimiliki oleh seorang editor video. Semoga bermanfaat.(Iin)

Artikel ini telah dibaca 1,376 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Nielsen Luncurkan Streaming Content Ratings untuk Pengukuran Lintas Media di Indonesia

8 Desember 2022 - 17:41 WIB

realme Golden Carnival Siapkan Total Hadiah Rp 20 Miliar untuk realme Fans

1 Desember 2022 - 17:19 WIB

Program Motor Listrik SiCepat Ekspres Diganjar Marketeers Editor’s Choice Award 2022

14 Oktober 2022 - 18:35 WIB

9 Negara Ikut Kompetisi Shell Eco-marathon Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika 

14 Oktober 2022 - 13:50 WIB

Realme Support Festival Musik Pestapora

19 September 2022 - 16:09 WIB

Pengunjung Test Drive Mobil Listrik Milik Wuling di GIIAS Surabaya 2022

15 September 2022 - 18:02 WIB

Trending di Daerah