80 Sekolah Dasar Jabodetabek Ikuti Lomba Poster Sains PP-IPTEK

JAKARTA, KANALINDONESIA. COM: Sebanyak 148 siswa usia 8 – 11 tahun dari 80 sekolah dasar di wilayah Jabodetabek mengikuti lomba pembuatan Poster Sains PP-IPTEK di Gedung Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang berlokasi di area komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (1/9/2018).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama PP-IPTEK dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) dan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Direktur PP-IPTEK, Mochammad Syachrial Annas, mengatakan acara ini mengusung tema My Home in Space (Rumahku di Ruang Angkasa) dan menjadi salah satu kegiatan pada Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) yang tahun ini diselenggarakan di Singapura pada bulan November 2018.

Hasil karya poster yang dinobatkan sebagai juara 1, 2, dan 3 akan dikirim ke ajang APRSAF ke-25 untuk berkompetisi dengan poster-poster hasil karya peserta dari negara lain.

“Tahun 2017 kemarin hasil karya poster anak Indonesia menempati posisi Juara Favorit dalam ajang APRSAF Poster Contest. Tahun ini kami akan membawa juara 1,2,3 ke ajang APRSAF di Singapura bulan November 2018,” ujar Syachrial kepada Kanalindonesia.com di Jakarta, Sabtu (1/9/2018).

Menurutnya, ajang ini berguna untuk meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap bidang sains pada umumnya dan kecintaan terhadap alam semesta beserta isinya pada khususnya, serta mewadahi bakat-bakat seni untuk lebih berkreasi dan berprestasi.

“Penilaian berdasarkan ide orisinal anak itu sendiri dan berkaitan dengan sains antariksa,” ungkap Syachrial.

Ia mengklaim PP-IPTEK sebagai science center pertama di Indonesia dan salah satu wahana pembelajaran iptek bagi masyarakat, khususnya generasi muda memiliki peran strategis dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia sesuai dengan visi dan misi negara.

Selain lomba Poster Sains, masih banyak lagi peragaan dan program sains yang disajikan oleh PP-IPTEK kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan iptek masyarakat.

“Semoga melalui kegiatan Poster Sains ini akan meningkatkan kecintaan anak-anak kepada bidang sains dan antariksa,” tutur Syachrial.

Dari pengamatan di lapangan, setiap peserta pembuatan Poster Sains dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 60.000. Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk area Taman Mini Indonesia Indah, tiket masuk PP-IPTEK, snacks ringan dan makan siang.

Peserta usia 8-11 tahun dari 80 sekolah dasar di wilayah Jabodetabek l ini secara serius dengan imajinasinya menggambar mengenai sains antariksa dan mewarnainya.

Hasil akhir para juara lomba pembuatan Poster Sains adalah Juara 1 diraih Syafinatun Naja dari SD Muhammadyah 24 Jakarta, juara 2 adalah Ajengdilla Anjani (SDN 02 Pondok Labu), juara 3 adalah Kalisha Athaya Mahira (SD Pertiwi). Hasil karya juara 1,2,3 ini akan dilombakan pada ajang yang sama tingkat negara ASEAN di Singapura pada bulan November ,2018.

Sedangkan juara Harapan 1diraih Kennard Dwiandra Putra (SD Santa Ursula BSD), Harapan 2 adalah Mikhael Cahaya Surya (SDN Cihampar 3 Bogor), dan Harapan 3 adalah Lintang Dwi Anggoro (SDN Kalisari 02 Pagi). @ Rudi