Terima Radiogram dari Kemendagri, Bupati Jombang Terpilih Dipastikan Dilantik 24 September

Bupati terpilih pilkada Jombang, Hj Mundjidah Wahab, saat ditemui sejumlah jurnalis

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Usai ditetapkan oleh KPU Jombang, sebagai Bupati dan wakil Bupati terpilih hasil pilbup Jombang. Dalam waktu dekat, tepatnya pada tanggal 24 September 2018, Hj Mundjidah Wahab dan Sumrambah, akan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jombang.

Kabar tersebut, diterima Pemkab Jombang pada Selasa, 4 September 2018, saat Pemkab Jombang diundang oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, bersama dengan Kabupaten/ Kota lain untuk membahas pelantikan Bupati dan wakil Bupati terpilih hasil pilkada serentak.

“Pemkab (Jombang) sudah diundang ke Pemprov (Jatim), kemudian rapat dengan beberapa kabupaten yang nanti akan melaksanakan pelantikan. Dan Alhamdulillah, ‘injury time’, bahwa Jombang sudah masuk tanggal 24 September (2018),” kata Hj Mundjidah Wahab, pada sejumlah jurnalis, Sabtu (8/9/2019).

Masih menurut penjelasan Hj Mundjidah Wahab, pelaksanaan pelantikan nantinya bertempat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya yang terbagi menjadi dua tahap yakni, tahap pertama mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB untuk tujuh kabupaten dan kota, dan tahap kedua pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB untuk tujuh kabupaten dan kota lainnya. “Jombang ikut yang jam satu,” tegasnya.

Terkait rencana pelantikan ini, lanjut Mundjidah, pihak Pemkab Jombang telah menerima Radiogram dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang berisi pelantikan pada bulan September 2018. Sementara untuk tanggal pelantikan, didasarkan kabupaten/kota yang paling akhir masa jabatannya pada bulan tersebut.

“Ternyata paling akhir adalah Jombang, jadi kita kan 23 September habis masa jabatannya, jadi yang dipakai adalah 24 September 2018,” terangnya.

Sementara itu, untuk prosesi Serah Terima Jabatan (Sertijab) akan dilakukan di Jombang. Namun demikian, pihak Pemkab Jombang belum bisa menentukan waktu sertijab tersebut karena masih menunggu jadwal dari Gubernur Jatim.(elo)