Ribuan Pemotor Trail Banjiri Gelaran FATT-2 Polres Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Sebanyak 1500 starter motor trail dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti gelaran Freedom Adventure Trail Trenggalek, Jawa Timur, ke-2 (FATT 2) yang digelar pihak Polres Trenggalek, Jawa Timur.

Kegiatan bertajuk ‘Ngetrail Nomer Loro, Paseduluran Nomer Siji’ atau Naik Trail Nomor Dua, Persaudaraan Nomor Satu ini diberangkatkan langsung oleh Kapolres Trenggalek di halaman Mapolres setempat, Sabtu-Minggu, (8-9/9/2018).

Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo mengatakan, hari ini pemberangkatan untuk yang kategori kelas private. Untuk yang umum akan digelar esoknya dengan start di lapangan Desa Karangsuko Kecamatan Trenggalek.

“Untuk pemberangkatan di hari pertama ini ada 300 peserta, kategori yang diikuti adalah kelas private dengan jalur ekstrim khusus para crosser profesional,” katanya.

Kalau untuk yang session kedua besok, lanjut Kapolres, adalah kelas umum dengan 1500 peserta tapi jalur adventure saja.

“Untuk keberangkatan kedua nanti, jalurnya lebih ke arah adventure fun jadi mirip-mirip rekreasi. Misinya, selain untuk olahraga juga untuk pengenalan spot-spot wisata di Trenggalek,” imbuhnya.

Menurutnya para penghobi ini akan dijajal kemampuannya menaklukkan lintasan ekstrim di wilayah pegunungan orak-arik yang melegenda dengan sejarah perjuangan Joko Pekik salah satu putra dari Kerajaan Mataram di era tahun 800 Sebelum Masehi.

“Dengan jarak tempuh kurang lebih 35 kilo meter, estimasi waktu sekitar 5 jam,” terangnya.

Joko Pekik, menurutnya pernah akan membuat jembatan yang menghubungkan antara Gunung Orak-arik yang berada di Desa Karangsuko dengan Gunung Rajek Wesi yang ada di Desa Pogalan Kecamatan Pogalan yang keberdaan persis di sebelah timur Gunung Orak-arik.

“ Ini juga mengandung sejarah perjuangan bagi Kabupaten Trenggalek yang kini ulang tahun ke 824,” terangnya.

Dalam kegiatan berskala nasional ini, Polres Trenggalek mem-back up penuh panitia dengan menerjunkan 71 personel.

“Polres bersama Kodim 0806 Trenggalek membantu penuh panitia, dari Polres jajaran kita terjunkan 71 personel dalam pengamanan event ini,” tandasnya.

Di sisi lain, Freedom Adventure Trail Trenggalek (FATT ke 2) adalah event rutin yang diadakan oleh komunitas pecinta trail di Trenggalek. Tahun 2018 ini telah memasuki tahun kedua, panitia selain didukung para sponsor terkait, juga disuport penuh Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek.

“Untuk FATT ke-2 kali ini memperebutkan 1 unit Mobil, beberapa sepeda motor dan hadiah lainnya dengan total hampir 300 juta rupiah,” pungkasnya. (ham)