Dewan Akui Even FATT ke 2 Trenggalek Dongkrak Ekonomi

TRENGGALEK,  KANALINDONESIA.COM: Ajang jelajah yang dilakukan ribuan raiders yang tergabung dalam sejumlah komunitas motor trail di seluruh jawa dan beberapa wilayah Indonesia mengikuti two days Freedom Adventure Trail Trenggalek, Jawa Timur, ke-2 (FATT 2) di Trenggalek, Jawa Timur.

Tentunya ini menjadi ajang kepariwisataan dan mendongkrak perekonomian warga Trenggalek serta mampu mengubah image Trenggalek sebagai kota terpencil.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi II, DPRD Kabupaten Trenggalek, H Mugiyanto, yang membidangi anggaran serta ekonomi itu .

Mugiyanto, mengucapkan Selamat datang kepada seluruh peserta sekaligus terima kasih atas partisipasinya dalam kegiatan jelajah wisata ini yang tujuannya untuk mempererat silaturahmi dan kebersamaan.

“Tema ‘Ngetrail Nomer Loro, Paseduluran Nomer Siji’ atau Naik Trail Nomor Dua, Persaudaraan Nomor Satu akan memperkuat persatuan untuk membangun Trenggalek,”ungkapnya, Minggu, (9/9/2018) di Trenggalek.

Menurutnya, pihaknya melalui pemerintah daerah sangat mendukung dan merespon kegiatan trail adventure ini. Disamping menyalurkan hobi bagi generasi muda, juga dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan lebih jauh lokasi wisata alam yang banyak terdapat di Trenggalek.

“Wisata Trenggalek itu yang harus kita garap serius,” tandasnya.

Ajang Trail Adventure Jelajah FATT ke 2 ini sebagai persembahan dari masyarakat dan pemerintah daerah Trenggalek untuk memperkenalkan destinasi wisata Trenggalek yang diikuti ribuan raiders dari berbagai daerah di Indonesia, tepat di momentum melemahnya rupiah dari dolar.

“Kalau nilai tukar rupiah merosot sedang harga kebutuhan naik, maka garapan potensi seperti ini harus dilakukan agar perputaran ekonomi bisa tetap terjaga,” terangnya.

Buktinya, masih menggeliatnya ekonomi dengan terlihat menjamurnya warung makan dadakan yang buka di even itu.

“Itu warga semua membuka warung nasi dan kopi. Lumayan untuk tambahan ekonomi saat sulit seperti ini dengan tenggat waktu 4 hari, sebelum dan sesudah even,” ungkapnya.

Belum lagi kehadiran para raiders tersebut yang menghuni seluruh hotel yang ada di wilayah perkotaan di kota ’Keripik’ ini jelas nyata berkontribusi terhadap perederan serta perputaran ekonomi yang mampu menjawab tantangan sulitnya rupiah bersanding dengan dolar Amerika .

“Mereka masih dapat uang dari even – even ini , makanya kegiatan ini harus terus digelar di Trenggalek,” tegasnya.

Dia mengatakan even olahraga bagi pecinta motor trail ini digelar selama dua hari yang mengambil start di Mapolres Trenggalek untuk hari pertama dan lapangan Desa Karangsuko Kecamatan Trenggalek untuk hari yang kedua.

” Freedom Adventure Trail Trenggalek ke 2 jelajah Gunung Orak-arik diikuti sekitar 1.500-an raiders dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka akan menyusuri gugusan perbukitan Orak –arik, Karangsuko yang punya nilai sejarah tersendiri,”kata pria yang akrab di sapa Kang Obeng ini.

Selain ber faun, kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-824 Kabupaten Trenggalek dan akan dimeriahkan penampilan artis ibukota yang dijadwalkan tampil menghibur peserta.

“Dalam event ini raiders yang beruntung akan memperoleh 1 unit mobil sebagai hadiah utama dan puluhan motor,”pungkasnya.(ham)