Santri Ponpes Nurul Huda Sumberwudi Lamongan, Gelar Pawai Ta’aruf Sambut 1 Muharram

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Beragam kegiatan dilakukan warga untuk menyambut datangnya tahun baru Islam. Seperti yang dilakukan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng Lamongan, pada Kamis (13/9/2018). Sedikitnya 1000 peserta yang terdiri dari siswa mulai dari PAU, TK, MI, SMP dan SMA dan santri Pondok Pesantren Nurul Huda mengikuti kegiatan pawai taaruf menyambut 1 Muharram 1440 Hijriyah.

Peserta pawai menyusuri Jalan dari halaman pondok hingga desa dan dusun tetangga, sambil bershalawat dan menyebut asma Allah dan tampil juga grup drum band dari MI Islamiyah dan SMP Wahid Hasyim Sumberwudi. Dengan memakai busana muslim seluruh siswa dan beberapa orang tua yang anaknya masih PAUD dengan tertib mengikutinya sambil membawa spanduk bertuliskan ‘Selamat Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1440 H’ dan beberapa tulisan lainnya.

Didampingi para guru dan orang tua mereka berjalan dengan penuh semangat dan di sepanjang jalan, rombongan pawai taaaruf mendapat simpati dari masyarakat. Bahkan beberapa pengguna jalan memilih berhenti untuk memberikan kesempatan rombongan melintas sambil mengambil foto menggunakan kamera telepon genggam.

Pawai ini menjadi bagian dari sosialisasi dan edukasi bagi siswa dan masyarakat. Sebab masyarakat lebih mengenal dengan kalender dan tahun baru masehi saja, sedangkan tahun baru Islam jarang diperingati,” ungkap Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Huda, KH. Su’udil Azka.

Lebih lanjut ia menerangkan, 1 Muharram atau tahun baru Islam merupakan bulan pertama dalam kalender Islam. Tahun ini, tahun baru Islam jatuh pada hari Selasa, 11 September 2018 petang. Muharam sendiri merupakan salah satu dari empat bulan suci dalam Islam.

Kata ‘muharam’ berasal dari kata haram mempunyai arti ‘Terlarang’ atau ‘Berdosa’. Muharam juga dianggap sebagai bulan paling suci kedua setelah bulan Ramadhan. Sejumlah warga pun berpuasa sepanjang hari ini dan pada hari ke sepuluh muharam ialah hari Asyura. Semoga dengan acara ini bisa menyemarakkan tahun baru Islam yang sudah banyak di lupakan oleh kaum muda Islam,” tandasnya. (omdik/fer/bis)