PT IGN Targetkan Penggilingan 2018 Capai 40.000 ton

Prosesi arak – arakan pasangan manten tebu
KENDAL,KANALINDONESIA.COM: PT Industri Gula Nusantara (IGN) di desa Cepiring Kecamatan Cepiring Kendal menggelar acara Prosesi Wiwitan Manten Tebu, Sabtu (15/9/2018).

Prosesi wiwitan dengan mengarak pasangan tebu  yang sudah dihias indah seperti pengantin yang diiringi musik tradisional, beserta hiburan khas daerah barongan, kuda lumping, reog dan dramb band.

Pasangan pengantin yang membawa tebu yang akan digiling pertama secara simbolis di bawa oleh para Sinok-Sinang Duta Wisata Kendal dibawa ke tempat penggilingan tebu.

Pasangan pengantin tebu yang diarak itu satu per satu dimasukan ke mesin penggilangan gula oleh Direktur PT IGN, Bupati Kendal dan Forkopimda serta pejabat setempat.

Direktur PT IGN Cepiring, Bernadi Darmawan mengatakan, dalam upacara penggilan pertama dengan mengarak Pengantin Tebu ini menandai beroperasinya kembali pabrik gula di Kabupaten Kendal, setelah tiga tahun tidak ada produksi.

Pihaknya berharap perusahaan pabrik gula yang dipimpin itu bisa terus berkembang dan meningkat jumlah produkasinya. Target produksi di tahun 2018 ini minimal bisa mencapai 40.000 ton.

“Kapasitas produksi giling tebu per hari bisa mencapai 2.000 ton, namun karena tiga tahun lebih pabrik ini berhenti, maka targetnya hanya 40.000 ton,”ungkapnya.

Sementara Bupati Kendal Mirna Annisa sangat senang dengan beroperasinya kembali pabrik gula yang telah lama berhenti.

Lanjutnya, dengan beroperasinya pabrik gula tersebut mampu meningkatkan perekonomian dan pertumbuhan pertanian di Kabupaten Kendal dan dapat membuka lapangan pekerjaan sehingga mengentaskan pengangguran di Kabupaten Kendal.

“Saya berterima kasih kepada PT IGN cepiring yang sudah mengaktifkan kembali pabriknya, dapat meningkatkan perekonomain dan pertumbuhan pertanian di Kabupaten Kendal,”tuturnya.

Acara Wiwitan Penganti Tebu ini banyak dihadiri masyarakat sekitar, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Selain ingin melihat arak-arak pasangan Pengantin tebu, juga ingin menyaksikan hiburan kesenian tradisional barongan, kuda lumping dan drumb band anak-anak.(eko)