Baznas Donasi Ambulance dan Uang Rp 100 Juta ke Pesantren Nurul Iman

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyerahkan bantuan satu unit mobil Ambulance dan uang tunai Rp 100 juta ke Pesantren Nurul Iman.

Bantuan ini diserahkan oleh Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Mohd Nasir Tajang yang mendatangi langsung ke Pesantren Nurul Iman di Ciomas, Bogor, Sabtu (15/9).

Nasir mengatakan Baznas mengapresiasi pesantren ini karena didirikan oleh Endang Irawan, seorang pengemudi ojek online yang mendedikasikan hidupnya dengan mengasuh anak yatim dan dhuafa melalui pesantren diberi nama Nurul Iman.

Menurutnya, dalam kondisi terbatas Endang ternyata mampu melahirkan para hafidz dan hafidzah yang akan menjadi juru dakwah di masa depan.

“Baznas bangga menjadi bagian dari perjuangan Endang Irawan dalam memajukan umat melalui pendidikan di pesantren ini. Kami mengantarkan amanah umat yang menunaikan zakatnya melalui Baznas,” ungkap Nasir.

Sementara itu, Endang Irawan merasa bersyukur dengan bantuan dana dan mobil ambulance ini. Ia pun tak menyangka, perjuangannya akan mendapatkan perhatian banyak pihak termasuk dari Baznas. Padahal lokasi pesantren Nurul Iman berada di pelosok yang susah sinyal dan tidak dilalui angkutan umum.

“Terima kasih kepada Baznas dan orang-orang yang berzakat melalui Baznas dalam pemberian bantuan ini,” ucap syukur Endang.

Ia menjelaskan, bantuan ini akan digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan pesantren Nurul Iman yang ia dirikan 12 tahun lalu dengan jumlah santri sebanyak 126 orang usia 12-24 tahun untuk menghafal Al-Qur’an.

“Para santri tidak kami pungut biaya baik untuk keperluan pendidikan maupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama belajar di pondok pesantren,” kata Endang.

Ia menambahkan terkadang para santri ini sakit sehingga ia bersusah payah membawa santri sakit ini menggunakan motor ke klinik kesehatan yang jaraknya cukup jauh.

“Disini tidak ada dokter atau tempat kesehatan. Disini adanya dukun dan tukang sembur. Dengan adanya mobil ambulance ini sangat membantu kami dan masyarakat sekitar yang membutuhkan pengobatan medis,” tutur Endang. @Rudi