150 Kreator Tik Tok Dunia Kumpul di Jakarta

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: TikTok, platform video singkat global, merayakan ulang tahun ke-1 di Jakarta yang dihadiri 150 pembuat konten dari Indonesia dan dunia di acara komunitas pertama dan terbesar di Asia yakni Tik Tok Gala.

Dina Bhirawa, Head of Marketing TikTok Indonesia mengatakan TikTok Gala adalah pertemuan komunitas global TikTok yang paling bergengsi dan malam penghargaan terbesar yang telah ditunggu oleh banyak pembuat TikTok dari seluruh dunia. Indonesia mendapat kesempatan dan tempat untuk menjadi yang pertama menggelar TikTok Gala di luar kantor pusatnya di Los Angeles, AS.

“Para kreator Tik Tok dari negara Amerika Serikat, Inggris, Korea Selatan, Jerman, Asia Tenggara berkumpul dengan para kreator TikTok Indonesia untuk bertukar pikiran dan menampilkan bakat mereka,” ujar Dina dalam pernyataan pers kepada Kanalindonesia.com di Jakarta, Minggu (16/9/2018).

Ia menyebutkan keator terbaik global yang hadir di TikTok Gala Jakarta antara lain DancerSona (id: dancersona) asal Korea Selatan 1.3 juta penggemar, Yooni Lee (id: yooni1022) Korea Selatan 963 ribu penggemar, Yel Unni (id: yell96), Korea Selatan 1.1 jutaan penggemar, OuttheBox (id: outthebox) United Kingdom 1.4 jutaan penggemar, Chany Dakota (id:chanydakota) Jerman 1.0 jutaan penggemar, E Breezy (id: e_brzy) Amerika Serikat 1.8 jutaan penggemar, Katja Glieson (id: katjaglieson) Amerika Serikat 1.9 jutaan penggemar, Our Fire (id: ourfire) Amerika Serikat 2.5 jutaan penggemar, Miranda and Melanie Wilking (id: wilking sisters) Amerika Serikat, 656 ribu penggemar, dan
Đặng Trà (tra.dang.904) Vietnam, 580 ribu penggemar.

Untuk kreator Tik Tok Indonesia termasuk 45 pemenang kontes online baru-baru ini diadakan 1 Million Audition. TikTok juga mengumumkan bahwa tiga pemenang dari 1 Million Audition Indonesia diundang untuk menghadiri TikTok Gala berikutnya, yang diadakan di Seoul, Korea Selatan.

Pemenang 1 Million Audition Indonesia adalah Suara – Priscila Evanggelina Marbun, Pertunjukan – Kazama Husein, dan Menari – Dinda Cassanova.

“TikTok mendorong pengguna untuk menemukan dunia dan menjadi pencipta global tanpa batas. TikTok Gala mengikat ikatan setiap pembuat konten dengan yang lain dan memperkuat komunitas TikTok secara global,” kata Dina.

Menurutnya, Tik Tok berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang aman, sehat, dan inspiratif untuk semua penggunanya. Sejak Agustus, TikTok telah meluncurkan serangkaian inisiatif dan pembaruan produk untuk mendorong pembuatan konten positif dan mempromosikan internet literacy.

Pada 7 September, TikTok menandatangani MOU untuk berkolaborasi dengan dua LSM ternama di Indonesia – ECPAT Indonesia dan Gerakan Nasional tentang Digital Literacy #Siberkreasi untuk bekerja sama dalam internet literacy, keamanan konten online, dan hal-hal penting lainnya yang terkait.

Sebagai bagian dari kerja sama, ECPAT Indonesia dan Gerakan Nasional tentang Digital Literacy #Siberkreasi juga akan membuat akun resmi TikTok untuk lebih menyampaikan konsep dan pendekatan yang ditujukan untuk perlindungan anak dan keamanan online dengan menyediakan materi pendidikan dalam bentuk video pendek.

Selain itu, TikTok mendukung Asian Games 2018 dan kota Palembang dengan memotivasi komunitasnya untuk membuat video yang positif dan menarik. Di Gala, TikTok menghadirkan Penghargaan “Duta Besar Palembang Digital” kepada pencipta Bramadity yang merekam video pendek yang indah untuk mempromosikan pariwisata untuk kota Palembang.

“Kami sudah meluncurkan beberapa fitur dan tantangan baru selama seminggu terakhir, termasuk #tripleme, #banjirmania, #jatuhhati dan #bereaksi, yang telah menjadi hits teratas di kalangan pengguna Indonesia,” tutur Dina. @Rudi