Sambut Kedatangan Jemaah haji Trenggalek, Ini Pesan dan Doa Ketua Dewan

TRENGGALEK,  KANALINDONESIA.COM: Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, H Samsul Anam menyambut dengan suka cita. Walau tidak secara langsung menyambut kedatangan tamu Alloh asal Trenggalek tahun 2018 di Halaman Pendopo Manggala Praja Nugraha, Jumat (14/9/2018), namun seluruh doa dan harapan terpatri kepada 502 jemaah untuk bisa ikut mendoakan bumi Trenggalek.

Dalam pernyataannya, Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, mengucapkan selamat datang kepada seluruh jemaah haji Trenggalek.

Ia mendokan semoga jemaah haji yang baru saja menunaikan rukun Islam yang ke-lima itu menjadi haji yang mabrur dan mabrurah.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaraan proses ibadah haji, sehingga hari ini kita bisa lihat bersama kebahagiaan para jemaah haji kita bisa berkumpul bersama keluarga,” katanya.

Politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa ini turut merasakan kebahagiaan menyambut kedatangan jemaah haji di tanah air, terutama dari Kabupaten Trenggalek.

Samsul Anam menaruh harapan kiranya jemaah haji yang tiba di kampung halamannya masing-masing mampu membawa kebaikan bagi kehidupan masyarakat.

“Alhamdulillah. Ahlan wa sahlan para jemaah haji Indonesia. Semoga menjadi haji mabrur,” katanya.

Pemilik akronim Kang Kendung ini menuturkan, para jemaah haji yang telah menjalani berbagai prosesi ibadah selama di tanah suci, hendaknya mampu menjadi pribadi yang lebih bijak, ikhlas, sabar, dan menjadi teladan bagi keluarga dan masyarakat.

“Tentu kita berharap, para orang tua dan saudara-saudara kita yang tiba dengan selamat di tanah air, mampu menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Satu harapan yang lain, di antaranya adalah jemaah yang sudah menyandang predikat haji bisa memainkan peran di masyarakat.

“Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhori, Allah SWT telah menjanjikan bahwa tidak ada pahala lain bagi haji yang mabrur kecuali surga,” katanya.

Oleh karena itulah sudah sewajarnya jika mulai detik ini, jemaah yang baru saja menunaikkannya, mulai memfokuskan diri untuk memainkan peran penting, baik bagi diri sendiri, keluarga, lingkungan, dan masyarakat pada umumnya.

“Sebagai teladan dalam bersikap dan berperilaku selaras dengan ajaran agama,” lanjutnya.

Sehingga diharapkan Samsul, para jemaah dapat menjaga predikat haji yang telah disandang.

Karena hal tersebut merupakan amanah yang berat dan harus digunakan sebagai pondasi yang kuat atas segala dan tindakan.

Tak lupa, Samsul Anam juga menyampaikan dukacita yang mendalam bagi jamaah haji yang meninggal dunia di tanah suci, sekaligus berharap para keluarga yang ditinggalkan bisa tabah dan ikhlas. (ham)