Unisda Lamongan Kembangkan Kewirausahaan Mahasiswa Berbasis Iptek

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM: Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan terus berupaya mengembangkan jiwa kewirausahaan yang ada pada mahasiswanya, dengan serangkaian pelatihan dan konseling diharapkan mampu mencetak wirausahawan baru berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) agar berdampak luas bagi masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan membantu dan membimbing proses menyusun manajemen, produksi, pemasaran serta memecahkan
masalah-masalah yang dihadapi oleh para peserta sehubungan dengan usaha atau bisnisnya” kata Ketua Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Islam Darul Ulum (PPKW Unisda) Ali Shodikin. M.Pd ketika ditemui usai membuka acara pelatihan di gedung Fakultas Teknik Unisda Lamongan. Sabtu (15/09/2018)

Ali Shodikin menilai jiwa kewirausahaan yang ada pada mahasiswa hendaknya selalu dikembangkan melalui pelatihan-pelatihan yang ada khususnya dalam rangka menciptakan wirausahawan baru berbasis Iptek demi perkembangan jaman.

Tak hanya itu pihaknya juga berharap melalui pengembangan kapasitas kewirausahaan mampu mengambil peranan besar dalam mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran.

Jiwa wirausaha, kata dia, cenderung melihat masalah sebagai peluang untuk membentuk sebuah model bisnis baru yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Melalui acara seminar kewirausahaan, magang, lomba kewirausahaan, dan pameran kewirausahaan diharapkan mampu menjadi peluang untuk mengembangkan bisnis wirausaha berbasis iptek bagi mahasiswa” ujar Ali Shodikin

Acara yang sudah berlangsung setahun ini menjadi daya tarik para Mahasiswa diantaranya diikuti oleh mahasiswa yang masih aktif maupun para alumni Unisda yang sedang merintis wirausaha berbasis Iptek.

Pada tahun 2018 ini produk-produk yang dihasilkan dari hasil pengembangan wirausaha mahasiswa Unisda sudah menunjukkan hasilnya, antara lain produksi dan penjualan
kain dani baju batik nusantara Nawa Kartika, kopi lamtoro, lukisan kaligrafi Udin, kerajinan tas Niswa, Handmade&Collection, mitusa, KRIES “Kripik Tales Aneka Rasa”, teh herbal dan lain-lain.

Sementara itu Sekretaris PPKW Ali Muhajir, MM menambahkan serangkaian kegiatan pengembangan kewirausahaan hendaknya dijadikan peluang yang baik bagi para Mahasiswa guna terus mengembangkan jiwa kewirausahaan dengan berbasis iptek.

“Target dari kegiatan ini, kita berharap bisa menumbuhkembangkan minimal lima wirausaha baru mandiri berbasis iptek per tahun yang siap beraktivitas di masyarakat, baik individu atau kelompok” pungkas Ali Muhajir, MM Sekretaris Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Islam Darul Ulum (PPKW) Unisda Lamongan.

Jurnalis : Omdik/Ferry/Bisri

Editor : Arso

Sumber : Kanal Lamongan