Bawaslu Kabupaten Pacitan Gelar Deklarasi Kampanye Damai

PACITAN,  KANALINDONESIA. COM:  Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu ) Kabupaten Pacitan menggelar acara Deklarasi Kampanye damai bertema ” Kalah Terhormat Menang Bermartabat ” di Tribun Alun-alun kota Pacitan,Minggu ( 23/9/2018 ).

Deklarasi ” Kalah Terhormat Menang Bermartabat ” yang digelar Bawaslu yang di ikuti jajaran Forkompimda, seluruh ketua Parpol dan para calon legislatif serta Tim kampanye Pilpres. Hal ini bisa menjadi pemantik pelaksanaan pileg maupun Pilpres serentak 2019 yang berlangsung aman, damai, dan berintegritas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan Bertu Stefanus, mengatakan ” deklarasi yang digelar hari ini dilakukan serentak secara Nasional, dan itu berdasarkan surat dari Bawaslu Propinsi Jawa Timur nomor : 0282/K.JI/PM.00.01/IX/2018 dengan tanggal 17/9/2018. dalam intruksi tersebut guna pencegahan pelanggaran kampanye dan sebagai bentuk sosialisasi pengawasan partispatif pemilan umum DPR RI,DPD,DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wak Presiden 2019 mendatang,” kata Berty.

Lebih lanjut, Berty Stefanus juga berharap ” dengan adanya Deklarasi ini, mengingatkan kepada seluruh masyarakat dan seluruh peserta pemilu 2019 agar menghindari pelanggaran – pelanggaran yang sudah diatur oleh undang- undang pemilu. Berty Stefanus juga meminta, sebelum masa kampanye nanti ” seluruh Tim kampanye maupun calon agar berkoordinasi dengan KPU,Bawaslu dan Panwaslu ” hal itu bertujuan agar bersinergi dalam pelaksanaan kampanye nanti, ” pintanya.

Ditegaskanya, dalam pelaksanaan kampanye nanti ” abdi negara ASN jangan coba-coba ikut dalam kegiatan kampanye ” jika ada ASN yang terbukti terlibat dalam dalam pelaksanaan pemilu nanti, kami akan tindak tegas dan kami tidak memberikan rekom tersebut ke pemerintah daerah. Akan tetapi kami akan langsung mengirimkan surat rekom itu ke komisi ASN pusat ( Jakarta ) dan biar Komisi ASN pusat menyampaikan langsung ke daerah, ” pungkas Berty Stefanus.

Sementara Ronny Wahyono Ketua partai Demokrat, mengukapkan ” adanya deklarasi ini, diharapkan semua partai yang ikut bersaing di pemilu 2019 nanti tetap berjalan tertib, damai,aman dan lancar,” ungkapnya.

Selain itu, dalam pelaksanaan kampanye nanti, masyarakat maupun Tim pendukung calon jangan sampai terhasut oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan saling bergesekan antar Tim. Karena persaingan kampanye ini hanya sampai pada 17 April 2019, dan selanjutnya kita tetap bersaudara ” ini hanya momentum politik pemilu 5 tahun sekali saja ” saya berharap pemilu nanti berjalan dengan tertib, aman,damai serta lancar sesuai harapan bangsa Indonesia, ” itu harapan Ronny Wahyono. (Bc)