JOMBANG, KANALINDONESIA.COM – Meski kasus terpapar covid di Kabupaten tinggi. Namun, angka kasus kesembuhan Covid-19 juga terus mengalami kenaikan yang signifikan. Dilangsir dari data Dinkes Jombang pertanggal (12/7), sejumlah 4774 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19 dari total 5985 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Terhitung, sejak Minggu (11/7) jumlah pasien sembuh mencapai 28 orang. Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid 19, Budi Winarno mengatakan, puluhan pasien sembuh berasal dari berbagai kecamatan di Jombang.

Beberapa diantaranya berasal dari Kecamatan Bandarkedungmulyo 1 orang, Bareng 6 orang, Diwek 2 orang, Gudo 1 orang, Jogoroto 2 orang, Jombang 1 orang, Kabuh 2 orang, Kesamben 1 orang, Kudu 2 orang, Mojoagung 2 orang, Mojowarno 3 orang, Perak 1 orang, Peterongan 3 orang, Tembelang 1 orang.

Sementara, lewat data perkembangan pasien terkonfirmasi positif Covid 19. Secara komulatif untuk pasien terkonfirmasi sampai dengan hari ini sebanyak 5.985 orang dari yang sebelumnya sebanyak 5.927 orang, artinya pada hari ini ada penambahan kasus terkonfirmasi sebanyak 58 orang.

Untuk keseluruhan pasien sembuh di Jombang sejauh ini sudah mencapai 4.774 orang yang dinyatakan telah sembuh,” kata Budi dikutip KanalIndonesia.com, Selasa (13/07).

Sejauh ini, meski penyebaran Covid 19 di Jombang masih terus naik, tingkat kesembuhan pasien mencapai 79,8 persen. Sedangkan persentase kematian akibat Covid di Jombang mencapai 11,3 persen.

Sebagai langkah antisipasi, proses vaksinasi di Kabupaten Jombang menurut data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur, tertinggi kedua setelah Kota Surabaya.

Budi menegaskan jika vaksinasi di Kabupaten Jombang sampai dengan hari ini juga terus dilaksanakan dan juga dibarengi antusiasme warga. Yakni vaksinasi pertama 470,229 dan vaksinasi kedua sebanyak 262,883.

Melihat perkembangan angka kesembuhan Covid-19 yang setiap hari mengalami kenaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Akhmad Jazuli mengatakan, pihaknya sanhat optimis, Pemkab Jombang bisa melewati dan melawan Covid-19.

Dengan ikhtiar bersama, kami yakin Jombang bisa menjadi zona hijau dari Covid-19,” terangnya.

Keyakinan dan optimis tinggi itu muncul atas dasar pelaksanaan sejumlah program yang sudah berjalan dengan baik. Mulai dari pelaksanaan PPKM Darurat, vaksinasi Covid-19, penyediaan kebutuhan obat, oksigen, dan tempat tidur rumah sakit untuk pasien di Jombang masih terpenuhi.

Kemaren kita sudah cek ketersediaan oksigen untuk kebutuhan rumah sakit masih aman,” bebernya

Kendati demikian, Akhmad Jazuli berpesan, supaya masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Meskipun sudah vaksin dan sebagainya masyarakat harus tetap waspada diri dan menjaga diri.

Mari tetap tingkatkan disiplin protokol kesehatan agar semua terhindar dari wabah ini,” harap Jazuli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here