Kapolres AKBP Didit BWS Buka Pertikara Bhayangkara Cabang Trenggalek

TRENGGALEK,  KANALINDONESIA.COM: Kepala Kepolisian Resort Trenggalek, Jawa Timur, AKBP Didit bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. membuka Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Cabang Trenggalek di area Wisata Tebing Linggo (WTL) Desa Nglebo Kecamatan Suruh Trenggalek, Sabtu (29/9).

Pembukaan pertikara dibuka dengan sebuah upacara resmi yang ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan ranting putra dan putri.

Hadir dalam kesempatan tersebut, pejabat utama Polres Trenggalek, Kapolsek jajaran yang juga merangkap sebagai Pembina Saka Bhayangkara Ranting di tingkat kecamatan, pengurus gerakan Pramuka Kwartir cabang Trenggalek, BNN Kabupaten Trenggalek, Basarnas, Baznas dan jajaran Muspika kecamatan Suruh.

Dalam sambutannya, AKBP Didit menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota gerakan Pramuka khususnya Saka Bhayangkara yang teah berperan aktif membantu tugas-tugas Kepolisian dalam rangka mewujudkan Kamtibmas kondusif di kabupaten Trenggalek.

“Partisipasi Saka Bhayangkara sebagai bagian dari generasi muda potensial sangat diharapkan mampu menjadi calon-calon pemimpin handal yang berkarakter, berkepribadian tangguh dan berjiwa NKRI,” ucapnya.

Kegiatan Pertikara ini, lanjut AKBP Didit bertujuan untuk membentuk, memberikan wawasan dan Pengalaman anggota Pramuka Saka Bhayangkara dalam keterampilan dan pengembangan bidang Kebhayangkaraan dengan wujud karya bakti kepada masyarakat sesuai dengan tema yang diambil yakni Saka Bhayangkara Peduli Lingkungan.

“Kita harus sadar bahwa sekecil apapun tindakan kita untuk menjaga lingkungan apabila dilakukan secara kontinyu akan berdampak besar terhadap kenyamanan dan keindahan lingkungan kita,” ujar AKBP Didit.

Selain upacara pembukaan, dilakukan pula penyerahan bantun bedah rumah dari Baznas kepada salah satu warga desa Nglebo senilai Rp. 10 juta yang nantinya dalam pelaksanaan akan di bantu gotong royong oleh semua peserta Pertikara.

Sementara itu, Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum., selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan, Pertikara tersebut iikuti oleh sedikitnya 168 anggota Saka Bhayangkara dari masing-masing kecamatan.

“Masing-masing Polsek mengirimkan 2 regu putra dan putri. Satu regu bernaggotakan 6 orang,” jelas AKP Suyono.

Pertikara itu sendiri dilaksanakan selama dua hari. mulai hari Sabtu tanggal 29 sampai 30 September 2018. Berbagai materi Krida akan diberikan oleh para instruktur yang berkompeten, seperti pertolonga SAR dasar oleh Basarnas, Lahgun Narkoba oleh BNNK, PPGD oleh tim dari RSUD dr. Soedomo, Pemahaman UU ITE oleh Satreskrim dan pengetahuan Lalu lintas oleh Satlantas Polres Trenggalek.

“Selain materi yang bersifat ilmu pengetahuan, digelar pula api unggun dan pentas seni oleh masing-masing perwakilan peserta kecamatan,” pungkas AKP Suyono.(ham)