DPMD Sumenep Evaluasi Bumdes Se Kecamatan Ganding

SUMENEP, KANALINDONESIA. COM: Sebanyak 14 Badan Usaha Milik Desa (BUMdesa) yang ada di wilayah Kecamatan Ganding, Sumenep Madura, di evaluasi oleh Dinas Pemerdeyaan Masyarakat dan Desa (DPMD) bertempat di Pendopo Kecamatan Ganding senin (01/10/18).

Evaluasi dan monitoring Bumdes di Kecamatan Ganding, diawali oleh laporan Camat Ganding, Faruk Hanafi. menurutnya di Kecamatan Ganding pada tahun 2018
sudah delapan Bumdes yang yang sudah jalan programnya.

“sisanya 4 desa akan menjalankan Bumdes pada tahun 2019”, katanya.

Sementara itu Kabid Pemerdayaan dan Usaha Ekonomi Masyarakat DPMD Sumenep Tabrani mengatakan, sesuai uu semua desa wajib memiliki Bumdes, tujuan agar tercipta desa yang mandiri untuk kesejahteraan masyrakat.

“kita tidak ingin keberedaan Bumdes hanya simbol, apalagi fiktif sehingga keberadaanya benar – benar menjadi lembaga usaha untuk peningkatan ekonomi masyrakat”, tegasya.

Bahkan Kata Tabrani, peran Bumdes kedepan akan menjadi lembaga yang akan menyalurkan bantuan sosial masyarakat, misalnya seperti bantuan beras sejahera (rastra) nantinya akan disalurakan melalui
Bumdes.

‘Kalau pemerintah desa tidak ada Bumdesnya, maka proses penyaluran bantuan sosial akan dilakukan oleh desa lain yang memiliki Bumdes”, jelasnya.

Empat belas, Kepala Desa se Kecamatan Ganding juga ikut hadir mendampingi ketua Bumdes. (Ziad)