P4GN Kabupaten Lamongan Bekerjasama Dengan BNK Pulang Pisau Cegah Peredaran Narkoba Dijalur Laut

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; P4GN Kabupaten Lamongan Jawa Timur bersama Badan Narkotika Kabupaten (BNK) beserta Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah, melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait kerjasama dalam penanggulangan dan pemberantasan peredaran narkoba melalui jalur laut, diruang Sasana Nayaka lantai dua Kantor Pemkab, Rabu (3/10/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Lamongan Dra. Hj. Kartika Hidayati, M.M, M.HP selaku Ketua P4GN Lamongan, Asisten satu, Kesbangpol, Satnarkoba Polres Lamongan, Kodim 0812 dan Lapas Lamongan. Turut pula hadir Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, Wakapolres Pulang Pisau Kompol Endro Aribowo S.I.K selaku Ketua Pelaksana Harian BNK Kabupaten Pulang Pisau berserta rombongan BNK Pulang Pisau.

Dalam sambutan Kartika menyebutkan, peredaran narkoba di Indonesia cukup memprihatinkan. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya pelaku pengedar narkoba mulai dari gembong besar hingga kecil yang masih beredar menghantui generasi muda, khususnya di Lamongan.

”Kami sangat prihatin terhadap pengaruh dan efek samping Bahaya Narkoba, seperti dikalangan pelajar, pejabat maupun disekitar lingkungan masyarakat umum, diharapkan bisa menekan angka penyalah gunaan Narkoba,” jelasnya.

Selaku Ketua P4GN Lamongan Kartika Hidayati tentunya bertanggungjawab besar terhadap masyarakatnya dengan menggerakan program P4GN kepada masyarakat, yaitu Penyuluhan Pencegahan, Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba dapat melindungi generasi bangsa dari pergaulan Narkoba.

Pihaknya juga sangat berterima kasih pada BNK Pulang Pisau beserta Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah, dimana dalam studi banding penyuluhan Narkoba dapat memberikan wawasan dari segi peredaran, pencegahan Narkoba yang dinilai mengganggu tatanan kehidupan generasi bangsa selama ini,” ucap Wakil Bupati Lamongan.

Disamping itu, berdasarkan surat wakil ketua BNK Pulang Pisau nomor 06/IX/ BNK-PP/2018 tanggal 21 september 2018 perihal kunjungan kerja BNK pulang pisau, Kompol Endro menjelaskan bahaya narkotika yang masih marak saat ini dan menyatakan perang terhadap narkotika.

Ia pun menjelaskan para pengguna sebenarnya merupakan korban, yang di untungkan justru para pebisnis, penanam modal dan pengedar, yang sampai saat ini masih dapat digerakkan oleh aktor – aktor besar dibalik sel tahanan yang sudah dtangkap.

Endro juga menambahkan, peredaran narkoba dua tahun terkahir di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalteng mulai merambah lewat jalur laut. Sehingga pihaknya secara bersama – sama dengan Pemerintah Lamongan untuk mencegah peredaran narkoba di jalur laut sepertu dipelabuhan Kecamatan Paciran dan Brondong.

Sementara pada kesempatan ini, P4GN Lamongan bersama BNK beserta Pemkab Pulang Pisau dari masing – masing kedua belah pihak memberi kenang – kenangan berupa cendra mata.

Jurnalis : Omdik/ Ferry/ Bisri
Editor : Arso